Peserta Seleksi CPNS dan PPPK Karanganyar Gratis Swab Antigen

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Pemkab Karanganyar menyubsidi penuh biaya swab antigen bagi peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan Pegawai pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Mereka dilayani di Labkesda dan Puskesmas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karanganyar, Suprapto mengatakan usulan subsidi penuh biaya swab antigen akhirnya disetujui Bupati Juliyatmono. Pertimbangannya, pemerintah daerah berkewajiban memberi kemudahan bagi warganya. Dari total 4.260 pelamar lolos verifikasi administrasi, separuhnya ber-KTP dan domisili Karanganyar.

“Hanya yang ber-KTP dan domisili Karanganyar saja yang difasilitasi gratis swab antigen. Ini merupakan syarat menjalani ujian SKD. Tentunya yang hasilnya nonreaktif Covid-19, dipersilakan ikut tes sesuai aturan yang berlaku,” katanya kepada wartawan, Jumat (10/9).

Ujian SKD bagi pelamar PPPK akan berlangsung 13-15 September 2021 di SMKN 1, SMKN 2 dan SMAN 1 Karanganyar. Tiap sekolah itu menyediakan enam ruang lab komputer dengan pemakaian maksimal 17 peserta ujian tiap ruang.

Suprapto mengatakan, hasil tes swab antigen hanya berlaku satu hari saja, sehingga pelamar harus diambil sampel lendir pada sehari sebelum ujian. Pemkab Karanganyar membuka labkesda di Cangakan untuk keperluan tersebut pada Minggu (12/9) bagi peserta SKD yang akan ujian pada Senin (13/9). Sedangkan bagi peserta yang akan ujian SKD setelah Selasa dan Rabu (14&15/9) dipersilakan menjalani swab antigen di puskesmas pada H-1 SKD.

Lebih lanjut dikatakan Suprapto, peserta ujian diminta melakukan pendaftaran tes swab antigen sebelum datang ke faskes, minimal sehari sebelumnya. Nakes membutuhkan data kepesertaan ujian SKD dan bukti domisili atau KTP elektronik Kabupaten Karanganyar.

BERITA REKOMENDASI