Petani Bawa 750 Kg Cabai Keriting, Langsung Dibeli ASN

Editor: Ary B Prass

Bupati Juliyatmono mengawali gerakan itu dengan membeli kemudian langsung membayarnya. Ia menginstruksi ASN yang ada di halaman kantor Setda mengikutinya. Ada yang membeli sampai 10 kilogram. Dalam kesempatan itu, petani membawa 750 kilogram cabai keriting. Tak sampai satu jam, dagangannya ludes terjual.
Petani asal Kemuning, Ngargoyoso, Giyarso mengaku sangat bersyukur dengan gerakan ASN beli cabai lokal. Sebab, ia bisa lepas dari jeratan tengkulak.
“Stok melimpah sedangkan permintaan tidak ada. Belum banyak hajatan soalnya. Daripada membusuk, terpaksa dijual ke tengkulak. Kadang dibeli Rp10 ribu seringnya di bawah itu. Sampai Rp5 ribu perkilo juga pernah. Jelas kita rugi. Dengan harga Rp10 ribu-Rp15 ribu saja petani baru bisa BEP,” katanya.
Melalui surat edaran sekda propinsi Jawa Tengah nomor 500/0011613 tanggal 27 Agustus tahun 2021, ASN diinstruksi beli cabai petani lokal untuk membantu mereka bangkit dari keterpurukan. SE tertuju bupati/walikota se-Jateng tersebut dilaksanakan seluruh ASN, termasuk di Karanganyar.  (Lim)

BERITA REKOMENDASI