Petugas Temukan 4 Pen Roll Lepas di Jalur KA

SOLO,KRJOGJA.com – Tim gabungan stasiun kereta api (KA) Purwosari dan Polsekta Laweyan menemukan sedikitnya empat pen roll (kancing rel kereta api) lepas saat digelar operasi pengecekkan rel kereta api (KA) di seputaran stasiun Purwosari, Solo sepanjang tiga  kilometer, Rabu (14/6/2017). Operasi pengecekan rel KA bertujuan untuk memastikan keamanan perjalanan  KA menjelang arus mudik Lebaran 2017.

Kapolsekta Laweyan, Kompol Santoso, didampingi Kepala Stasiun Purwosari, Slamet Riyanto kepada wartawan usai melakukan pengecekan rel KA, Rabu (14/6/2017) menyatakan tidak ada indikasi kemungkinan sabotase atau kesengajaan yang menjadi penyebab lepasnya kancing rel KA.

“Diduga  kendornya beberapa kancing pen roll ini karena setiap waktu tertentu  dilewati gerbong kereta api dengan getaran tinggi. Adanya getaran berkekuatan besar, menyebabkan kendornya kancing pen roll dan lama-kelamaan besi kancing rel KA itu bisa lepas,” ujarnya.

Kompol Santoso menambahkan ada empat titik dimana pen roll lepas. Diantaranya salah satu titik yang ditemukan kancing lepas di dekat tempat pelintasan  KA yang jaraknya hanya sekitar 200 meter dari stasiun Purwosari.

Menyusul temuan adanya empat kancing rel kereta api yang rusak, kata Kapolsekta Laweyan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan meminta kepada pihak stasiun Purwosari untuk secepatnya mengganti pen roll yang baru. Agar pada saat arus mudik dan balik Lebaran khususnya jalur rel kereta api aman dan lancar.

Sementara Kepala Stasiun Purwosari, Slamet Riyanto mengatakan pihak teknisi dari Balai Yasa KA segera melakukan perbaikan dan penggantian pen roll. “Komponen pen roll itu segera diganti baru, soalnya kalau dibiarkan gerbong KA bisa anjlok atau terjadi kecelakaan KA,” ujarnya. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI