Pilbup Sragen Digelar September 2020

SRAGEN, KRJOGJA.com – Kabupaten Sragen bakal menggelar kembali pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) pada 2020 mendatang. Tahapan untuk pelaksanaan Pilbup 2020 akan dimulai setidaknya delapan bulan sebelum hari coblosan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen Minarso kepada wartawan Selasa (25/6) mengatakan, Sragen bakal menggelar Pilbup pada 2020 karena masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini hingga Mei 2021. Pilbup digelar serentak berbarengan dengan sejumlah daerah lain di Indonesia.  

Menurut Minarso, tahapan pertama yang akan dilakukan antara lain pembentukan badan ad hoc penyelenggara Pilbup 2020. Seperti pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa atau kelurahan. Setelah badan ad hoc terbentuk, mereka akan melakukan pendataan pemilih. "Rencananya Pilbup 2020 bakal digelar pada September 2020 mendatang. Sampai saat ini proses pentahapannya belum dimulai," ujarnya.

Minarso mengatakan, pembentukan badan ad hoc akan dilakukan pada Januari 2020 mendatang. Sejauh ini KPU Sragen masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari KPU Provinsi Jawa Tengah untuk pembentukan badan ad hoc tersebut. Apalagi, untuk Jawa Tengah, ada beberapa kabupaten atau kota yang juga akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada September 2020. (sam)

BERITA REKOMENDASI