Pilkades di 145 Desa, Bakal Ramai Pendaftar di Hari Terakhir

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pendaftaran calon kepala desa di 145 di Kabupaten Karanganyar masih sepi peminat. Diprediksi, peminatnya berbondong-bondong mendaftar di hari-hari terakhir jelang penutupan pada 3 Januari 2019 mendatang.  

"Biasanya memang begitu (mendaftar di hari terakhir). Para calon masih menyiapkan diri maupun administrasi pendaftaran. Kita tunggu saja, waktunya (pendaftaran) mulai 19 Desember 2018-3 Januari 2019," kata Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Timotius Suryadi kepada KRJOGJA.com, Minggu (23/12/2018) malam. 

Timo, demikian ia akrab disapa, mempersilakan calon mendaftar melengkapi berkas yang telah ditentukan. Ada belasan syarat yang harus dipenuhi. Beberapa di antara adalah berpendidikan paling rendah tamatan SMP, berusia paling rendah 25 tahun, tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara, berbadan sehat ditunjukkan dengan surat keterangan dari RSUD, bebas narkoba ditunjukkan dengan surat dari RSUD, dan lain-lain.

"Calon kepala desa yang nanti ditetapkan itu minimal dua orang dan maksimal lima orang. Informasi yang masuk ke saya, sementara sudah mulai banyak yang mendaftar. Pendaftaran di balaidesa atau kantor kepala desa," tutur dia.

Dia mengklaim seluruh panitia pilkades di 145 desa sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya jelang coblosan 20 Februari 2019. 

"Calon kepala desa tidak dipungut biaya sepeser pun. Silakan melapor apabila dipungut biaya tertentu," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Mojoroto, Mojogedang, Suwarno, menyampaikan tiga orang mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa hingga Kamis (20/12/208). Dia menceritakan bahwa mereka baru mengumpulkan KTP dan KK. "Persyaratan belum komplet semua. Final sampai tanggal 3 Januari," jelas dia.

Camat Colomadu, Yophie Eko Jatiwibowo mengatakan sembilan desa menggelar Pilkades. Di delapan desa, cumbent mengikuti kompetisi itu. 

"Pendaftarnya belum terpantau. Namun, delapan dari sembilan kades-nya nyalon lagi," katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI