Pilkades Serentak, 3 Petahana Tumbang

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sebanyak tiga calon kepala desa (Cakades) petahana yang mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Sragen, tumbang. Sementara lima calon petahana lainnya berhasil menang dan dipastikan kembali mendudukan jabatan kepala desa.

Informasi yang dihimpun Kamis (7/12/2017), dari 10 desa di Kabupaten Sragen yang menggelar Pilkades, delapan di antaranya diikuti Cakades petahana atau incumbent. Hanya dua desa yang Cakadesnya benar-benar baru dan belum pernah menjabat Kades.

Data dari Bagian Pemerintahan Desa, Setda Sragen menyebutkan, tiga cakades petahana yang kalah di antaranya H Suryanto, Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen, kemudian Parindi Desa Puro Kecamatan Karangmalang dan Gunawan Desa Sunggingan Kecamatan Miri. Sedangkan lima Cakades petahana yang berhasil menang yakni Siswanto Cakades Jetak Kecamatan Sidoharjo; Slamet Prabowo, Desa Jambeyan Kecamatan Sambirejo; Supriyanto, Desa Ngandul Kecamatan Sumberlawang; Samino, Desa Girimargo Kecamatan Miri; dan Sri Widyastuti Desa Doyong Kecamatan Miri.

Sementara dua desa lainya, Pilkades diikuti Cakades wajah baru, yaitu Desa Banyurip Kecamatan Jenar dan Desa Ngrombo Kecamatan Plupuh. Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman mengungkapkan pesta demokrasi Pilkades serentak berjalan aman dan lancar. Polres menyiagakan 484 Personil, dibantu Brimob dan TNI.

Arif mengapresiasi pola pengamanan yang melibatkan masyarakat. Karena masyarakat mampu menjadi polisi untuk dirinya sendiri dan lingkungannya masing masing. "Sampai pesta demokrasi Pilkades selesai, situasi tetap kondusif dan tidak ada satupun laporan terjadinya gesekan massa pendukung. Mudah-mudahan Pilkades tahap selanjutnya juga bisa seperti ini (kondusif)," tandasnya.(Sam)

BERITA REKOMENDASI