Pilkades Serentak, Polisi Siagakan Pasukan

SRAGEN, KRjogja.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sragen yang akan digelar 6 Desember mendatang, jajaran kepolisian setempat menyiagakan sejumlah personel untuk ditempatkan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). 

Guna lebih memantabkan persiapan pengamanan, Satuan Sabhara aktif melakukan pelatihan dengan melibatkan pasukan khusus pengendalian massa (Dalmas).

Kasat Sabhara Polres Sragen, AKP Agung Ary Purwono mewakili Kapolres AKBP Arif Budiman, Senin (4/12) usai memimpin latihan pengamanan Pilkades mengatakan, kendati situasi politik hingga saat ini kondusif, namun latihan terus digelar petugas kepolisian. 

Hal ini untuk mengetahui secara pasti kesiapan personel dalam menghadapi pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Sragen. Latihan yang digelar di halaman Mapolres Sragen, pihak kepolisian menyiagakan personel gabungan dari Polsek jajaran dan Satsabhara. (Sam)

Sejumlah 32 personel dari Polsek tergabung dalam Dalmas dan Dalmas Pleton dari Satsabhara yang jumlahnya 50 personel. "Latihan sering dilakukan minimal sebulan sekali kendati tidak ada Pilkades atau acara lainnya, Selain menyiapkan pasukan Dalmas, kami juga menyiagakan pasukan pengurai massa yang dilengkapi dengan sepeda motor," ujar Agung.

Menurut Agung, para personil pengamanan ini nantinya akan disebar ke 6 desa yang menggelar Pilkades serentak. Tidak hanya disiagakan, personil juga akan ditempatkan di semua TPS yang dipakai melakukan pemungutan suara. "Selain petugas standby

di mapolres, kami juga menerjunkan petugas khusus yang berjaga di semua TPS," jelasnya. 

BERITA REKOMENDASI