Pilkades Serentak Siap Digelar di 10 Desa

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 6 Desember 2017 mendatang. Pilkades serentak tahap kedua ini digelar di 10 desa. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, Selasa (19/9) mengatakan, pilkades serentak tahap kedua ini akan digelar di Desa Kedungupit, Jetak, Banyuurip, Ngrombo, Jambeyan, Puro, Ngandul, Sunggingan, Girimargo, dan Doyong. "Dipastikan pilkades digelar 6 Desember. Untuk teknis pelaksanaan masih menunggu surat keputusan (SK) bupati," ujarnya.

Menurut Tatag, mekanisme Pilkades nanti tak jauh beda dengan Pilkades serentak tahap pertama akhir 2016 lalu. Pemungutan suara tidak lagi menggunakan kartu elektronik akan tetapi kembali mencoblos surat suara yang akan menampilkan gambar kandidat. Masing-masing desa nantinya akan mendapatkan bantuan dana penyelenggaraan dari Pemkab sebesar Rp 35 juta. Kekurangannya nanti diserahkan kepada panitia desa, termasuk bagaimana teknis kampanye dan sebagainya sepenuhnya menjadi kewenangan panitia di desa. "Kalau mengacu tahun sebelumnya, habisnya ada yang Rp 80 juta atau Rp 90 juta. Tergantung jumlah hak pilihnya. Semakin banyak hak pilih, tentu dananya juga semakin besar," jelasnya.

Kabbag Pemerintahan Desa Setda Sragen, Suhariyanto menambahkan untuk pengadaan surat suara, pemkab sudah mengalokasikan Rp 144 juta yang diajukan pada APBD Perubahan 2017. Kepastian anggaran itu masih dalam proses mengingat APBD-P masih dalam tahap pembahasan dengan DPRD. (Sam)

Daftar Desa Peserta Pilkades 2017:
1. Kecamatan Karangmalang- Desa Puro
2. Kecamatan Sragen- Desa Kedungupit
3. Kecamatan Sidoharjo- Desa Jetak
4. Kecamatan Jenar- Desa Banyurip
5. Kecamatan Plupuh- Desa Ngrombo
6. Kecamatan Sambirejo- Desa Jambeyan
7. Kecamatan Sumberlawang- Desa Ngandul
8. Kecamatan Miri- Desa Sunggingan, Girimargo, Doyong
Sumber: Bag Pemdes Setda

BERITA REKOMENDASI