Pilot Wisata Paralayang Lulus Terbang di Atas Kebun Teh

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA,com – Sebanyak 20 pilot paralayang dinyatakan layak membawa terbang wisatawan di atas kebun teh Kemuning, Ngargoyoso. Mereka lulus menjadi pilot paralayang level 2, setelah mengikuti pelatihan yang diadakan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar sejak Juni lalu.

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan mereka menambah jumlah pilot paralayang wisata di kawasan kebun teh. Seiring makin diminatinya olahraga memicu adrenalin sekaligus daya tarik wisata itu, maka penyedia jasanya juga bertambah. Bukit Paralayang Kemuning selain menyediakan fasilitas terbang bagi pemula juga sering menjadi lokasi berkompetisi secara profesional.

“Para pilot ini menjadi pilot tandem bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi terbang di atas kebun teh Kemuning, karena sudah dinyatakan layak untuk membawa penumpang,” katanya kepada KR, Sabtu (04/09/2021).

Sebanyak 20 pilot tersebut merupakan hasil seleksi dari 40 pilot yang lulus pelatihan level 1 pada tahun lalu. Mereka mengikuti latihan di kawasan wisata Segorogunung, dengan dua landasan take off di Bukit Teletubbies dan landing di kebun teh. Pelatihan juga dilakukan di Wonogiri, untuk mencoba medan yang lain.

Dengan bertambahnya pilot yang bisa terbang tandem, diharapkan wisata paralayang di kawasan tersebut lebih dikenal masyarakat. Sebab, yang bisa merasakan terbang tandem naik paralayang juga semakin banyak. “Pilot tandem juga bisa mengasah kemampuannya, agar bisa menjadi atlet paralayang profesional,” imbuhnya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI