PKL Sukoharjo Ajukan Usulan Penambahan Fasilitas Citywalk Jensud

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pedagang Kaki Lima (PKL) mengajukan sejumlah usulan terkait penataan dan kelengkapan fasilitas berdagang di kawasan citywalk di Jalan Jenderal Sudirman (Jensud), Sukoharjo Kota. Usulan tersebut meliputi permintaan penyediaan jaringan listrik, air bersih dan parkir kendaraan. Pedagang berharap Pemkab Sukoharjo menyetujui karena demi kemajuan kawasan kuliner.

Ketua Paguyuban PKL se Sukoharjo Joko Cahyono, Kamis (25/5) mengatakan, kawasan citywalk di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo direncanakan akan dipakai sebagai pusat kuliner. Namun sebelum diresmikan ternyata sudah banyak PKL berjualan disana.

Para PKL tersebut merupakan pedagang lama yang sudah terbiasa berjualan di trotoar atau disisi sebelah barat Jalan Jenderal Sudirman. Mereka pindah ke kawasan citywalk disebelah timur dengan harapan mendapatkan tempat lebih baik.

Selama berjualan tersebut para pedagang masih menemukan sejumlah kendala. Seperti tidak adanya jaringan listrik membuat PKL harus meminta kepada warga terdekat. Fasilitas lainnya yang belum tersedia yakni air bersih.

“Listrik dan air bersih kedua kebutuhan pokok PKL belum terpenuhi dan kami mengajukan usulan ke Pemkab Sukoharjo untuk dipenuhi sebagai tambahan fasilitas di citywalk di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo,” ujar Joko Cahyono.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, sudah menampung pengajuan usulan dari pedagang. Meski begitu nantinya putusan akan diambil Pemkab Sukoharjo. Hal itu berkaitan dengan penambahan fasilitas sesuai dengan keinginan pedagang.

Fasilitas tersebut berupa jaringan listrik yang akan disediakan oleh petugas terkait. Sedangkan pengajuan air bersih dari pedagang juga akan ditangani oleh instansi yang menangani. “Pemkab Sukoharjo nanti akan menunjuk OPD terkait untuk menangani pengajuan pedagang,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI