PMI Wonogiri Rangkul 180 Paguyuban Pendonor

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri menjalin kemitraan dengan sekitar 180 paguyuban pendonor darah dalam upaya memenuhi kebutuhan transfusi darah. Dari angka tersebut, 150 diantaranya adalah paguyuban desa selebihnya melibatkan Ormas dan kalangan sekolahan di kabupaten itu.

Ketua PMI Wonogiri dr Dwi Handoyo MKes didampingi Kepala UTD PMI dr Heri Santoso, Kamis (15/9), menyebutkan, keberadaan ratusan paguyuban pendonor itu sangat membantu pihaknya dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. "Mereka mempunyai jadwal rutin donor darah sehingga 'blood bank' kita tetap terpenuhi," kata Dwi Handoyo disela-sela donor darah HUT Ke 71 PMI di Markas PMI setempat, Kamis (15/9/2016).

Dijelaskan, memeriahkan ulang tahun PMI tahun ini selain menggelar donor darah massal dengan peserta 300-400 pendonor pihaknya juga mengadakan anjangsana di Sekolah Luar Biasa (SLB) Giri Wiyata Dharma Wonogiri, tirakatan,  dan jalan santai bersama sekitar 8 ribu warga  di Kecamatan Purwantoro dan Wonogiri, Minggu (18/9) nanti.

Menjawab pertanyaan terkait stok darah di UTP PMI Wonogiri, dr Heri mengatakan, saat ini ada  sekitar 269 kolp atau kantong, terdiri dari 71 kantong jenis A, 110 (B), 57 (O) dan 31 kantong darah AB. "Untuk persediaan pasien lokal masih cukup, bahkan beberapa waktu lalu kami sering dimintai bantuan ke PMI sekitar di Solo Raya ini," terang Kepala UTD. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI