PMI Wonogiri Rangkul Pendonor Plasma

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – PMI Cabang Wonogiri mengundang puluhan calon pendonor plasma konvalesen guna diambil sampel darahnya, Senin (16/08/2021) lalu. Hasilnya akan dibawa ke PMI Solo untuk dicekkan layak dan tidaknya didonorkan kepada yang berhak.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Wonogiri, dr Heri Susanto, mengatakan pengambilan sampel darah untuk donor plasma konvalesen di Wonogiri sudah dilakukan empat kali ini. Selama empat kali ditiadakan penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma selalu meningkat. “Kali pertama kita gelar ada 18 peserta dan yang keempat kalinya ini 46 peserta,” kata dia.

Dia mengatakan, kebutuhan plasma konvalesen akhir-akhir ini menurun. Dua pekan lalu, stok plasma habis. Untuk bisa mendapatkan plasma harus menunggu dua hingga tiga hari. Saat ini karena tersedia, delapan jam sudah bisa sampai ke pasien.

Stok plasma konvalesen di PMI Solo hingga Senin siang untuk golongan darah A ada 27, golongan B ada 21, golongan O ada 40 dan golongan AB kosong. Menurut Heru, penyintas bisa melakukan donor lebih dari satu kali, selama titer di atas 132. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI