PNS Sekdes Segera Ditarik, Desa Diminta Cari Pengganti

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekretaris Desa (Sekdes) direncanakan akan segera ditarik untuk kemudian dipekerjakan sebagai pegawai dilingkungan pemerintahan Pemkab Sukoharjo. Sebelum dilakukan penarikan pihak desa diminta bersiap mencari calon pengganti. 

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (13/9) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah berencana melakukan penarikan PNS Sekdes sekitar 80 orang. Mereka masuk skala prioritas untuk ditarik dan dipindah tugaskan menjadi pegawai di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Di Sukoharjo sendiri total ada 150 desa dan sekitar 80 desa diantaranya masih diisi Sekdes seorang PNS. Sedangkan sisanya bukan berasal dari PNS karena pejabat sebelumnya sudah pensiun atau meninggal dunia atau faktor lainnya.
“Sebenarnya soal PNS Sekdes hari inipun bisa dilakukan penarikan. Tapi penarikan harus dilakukan bersamaan dan rencananya di 2018 mendatang,” ujar Wardoyo Wijaya.

Bentuk persiapan tersebut yakni dengan mencari tenaga harian yang bisa membantu atau menganti posisi PNS Sekdes. Tugas penting harus dijalankan yakni berkaitan dengan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa (ADD).
“Rata rata yang mampu mengakses dana desa itu pak carik (Sekdes). Kalau nanti PNS Sekdes kita tarik maka dikhawatirkan desa bisa kolap terjadi masalah. Jadi desa butuh persiapan penggantinya dulu,” lanjutnya.

Pengganti sekdes juga harus menguasai kemampuan berkaitan dengan akuntansi dan kecanggihan teknologi. Sebab pola kerja sekarang sudah beralih dengan memanfaatkan internet. (Mam)

BERITA REKOMENDASI