Polisi Amankan Puluhan Kendaraan Konvoi

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 21 unit sepeda motor diamankan Satlantas Polres Karanganyar usai didapati memasang knalpot blombongan. Para pengendaranya juga melakukan aksi konvoi usai menghadiri pengesahan anggota baru sebuah kelompok pesilat.

Kasatlantas Polres Karanganyarm, AKP Sarwoko mengatakan anggotanya sengaja melakukan pencegatan di sejumlah ruas jalan wilayah Karanganyar Kota dan Tasikmadu pada Minggu (05/09/2021) malam. Aparat juga berpatroli di wilayah dua kecamatan yang dipakai lokasi pengesahan warga baru sebuah perguruan silat.

Polisi mendapat informasi pengesahan dilakukan di sembilan titik di dua kecamatan itu. Sebenarnya, para pimpinan cabang perguruan silat itu bersama kepolisian sudah meneken komitmen tanpa aktivitas mencolok selama kegiatan tahunan itu.

“Untuk mengantisipasi konvoi dan hal tidak diinginkan, satuan dari kepolisian berpatroli dan berjaga di lokasi rawan. Dari kelompok pesilat Karanganyar itu sebenarnya berkomitmen tidak pakai sepeda motor. Mengangkut dengan mobil atau bus. Tapi tetap saja ada yang konvoi. Kebanyakan dari luar kota,” katanya, Senin (06/09/2021).

Para pelanggar lalu lintas yang diamankan sepeda motornya, beridentitas dan atribut kelompok pesilat tersebut. Mereka berusia 17-20-an tahun. Polisi menindaknya lantaran tanpa surat-surat berkendara lengkap dan memasang knalpot berisik alias blombongan.

Bagi mereka selain dikenai sanksi tilang juga diangkut sepeda motornya ke mapolres. Setelah membayar denda tilang dan mengembalikan sepeda motornya sesuai spesifikasi, maka kendaraan boleh dibawa pulang.

Lebih lanjut dikatakan, penindakan berlangsung hingga Senin dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Dikatakannya, warga mengeluhkan suara berisik knalpot yang mengganggu istirahatnya.

“Informasi yang kami terima, pengesahannya sudah berlangsung enam hari ini. Dilaksanakan tiap dua hari sekali. Kami pastikan menindak mereka yang melanggar aturan lalin,” pungkasnya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI