Polisi Kandangkan Pencuri Ternak

KARANGANYAR,KRJOGJA.com – Aksi pencurian ternak oleh pelaku Ristanto alias Aris (31) dan Ganang Ngadioko (39) tergolong sadis. Seakan tanpa rasa kasihan, keduanya membantai kambing karena berisik, supaya memudahkan aksinya. 

Kapolres Karanganyar  AKBP Leganek Mawardi mengatakan keduanya diduga mencuri dan membantai kambing milik warga Dusun Genuk Rt 02/Rw II Desa Paseban, Kecamatan Jumapolo, Sugiyo pada 7 Januari 2020 lalu. Berdasarkan hasil penelusuran polisi, keduanya ditangkap di rumah masing-masing. Ristanto alias Aris (31) di Dukuh Dlagngin Kidul Rt 01 Rw 06 Desa Lemahbang, Kecamatan Jumapolo, dan Ganang Ngadioko (39) di Sembung Wetan Rt 03 Rw 11 Desa Bekonang Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.
"Setelah melalui serangkaian proses penyelidikan, aksi pencurian tersebut dilakukan Ristanto dan Ganang. Unit Reskrim Polsek Jumapolo, bersama Sat Reskrim Polres Karanganyar langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku, serta mengamankan sejumlah barang bukti di rumah Ganang yang berada di Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo,” jelas Kapolres dalam gelar barang bukti di Mapolres Karanganyar.

Terungkapnya kasus ini berkat laporan pemilik kambing yang kehilangan enam ekor ternaknya itu. Korban mendapati tiga satu ekor kambing betina dan dua ekor anakan tewas akibat kehabisan darah pada 11 November 2019. Terdapat luka menganga di leher hewan mamalia itu akibat disembelih benda tajam. Sedangkan tiga ekor kambing jantan hilang. 

"Salah satu pelaku, yakni Ristanto, merupakan seorang residivis yang baru keluar dari penjara bulan Juni tahun lalu dengan kasus yang sama,” ujar Kapolres.

Dua pelaku yang diamankan di Mapolres Karanganyar, dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.
Sementara itu Ristanto mengungkapkan, aksi pencuriannya dilakukan pada dini hari. Di kandang milik korban terdapat enam ekor kambing. L Agar tidak menimbulkan suara berisik, Ristanto langsung menyembelih dua anak kambing beserta induknya. Dan membawa kabur 3 ekor kambing lainnya yang masih hidup. Sedangkan kambing yang telah disembelih, dibiarkan begitu saja di dalam kandang. Para tersangka mengangkut ternak itu menggunakan sepeda motor. 

“Di dalam kandang ada enam ekor kambing. Tiga ekor kambing saya sembelih dengan menggunakan pedang yang sudah saya persiapkan," katanya.
Adapun barang bukti berupa sampel bulu kambing, pisau dan tali plastik. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI