Polres Karanganyar Galang Donasi Korban Longsor Brebes

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Bantuan materi dan spirit terus mengalir bagi korban bencana alam Brebes, termasuk dari keluarga besar Polres Karanganyar. Para perwira, anggota dan para Bhayangkari Polri mengumpulkan sumbangan di sela tausiyah dan doa bersama di Mapolres, Senin (26/2).

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto mengatakan agenda sosial tersebut digelar secara khusus oleh internal organisasi. Ia mengumpulkan para perwira di lingkungan polres hingga polsek serta para anggota agar pengumpulan sumbangan efektif. Usai memimpin apel, ia memerintahkan tim Binmas mengedarkan kotak sumbangan. Tanpa dikomando, para peserta apel mengeluarkan lembaran uang dari dompet dan memasukkannya ke kotak tertempel tulisan ‘Polres Karanganyar Peduli Bencana Alam Brebes’. Para peserta apel ini dari anggota aktif, PNS dan Bhawangkari Polri yang merupakan istri para perwira.

“Keluarga besar polres terpanggil menghimpun dana untuk membantu saudara kita di Brebes yang menderita. Bencana alam tanah longsor dan banjir sungguh menorehkan duka mendalam. Tidak hanya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun juga kita sebagai sesama manusia,” kata Kapolres kepada wartawan di aula Jananuraga Mapolres.

Dari donasi sukarela itu terkumpul Rp 6,871 juta yang akan diserahkan ke korban bencana alam dan kebutuhan logistik melalui Polres Brebes. Ia mempercayakan dana itu kepada instansi yang betul-betul paham kondisi dan kebutuhan di lokasi bencana alam. Meski demikian, pihaknyaterus memonitor perkembangan masa pemulihan dan tanggap darurat di Brebes.

“Untuk tenaga, kami mempercayakan dari Satuan di Brebes. Ada Brimob dan Sabhara yang diperbantukan. Uang yang terkumpul akan diserahkan ke Polres sana karena paling paham peruntukannya bagi korban,” katanya.

Dalam kesempatan itu, keluarga besar Polres Karanganyar mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ketua Dai Kamtibmas, Hafizi. Doa pun dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar arwah para korban diterima di sisi-Nya serta keluarga menerima musibah itu secara ikhlas.

Sehari sebelumnya, komunitas sukarelawan Karanganyar juga menyalurkan bantuan materi dan tenaga ke Brebes. Puluhan sukarelawan berangkat ke lokasi bencana alam sambil membawa logistik seperti beras, sayuran dan pakaian bersih. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI