Polres Karanganyar Gelar Aksi Simpatik untuk Rohingya

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Keluarga besar Polres Karanganyar mengawali aksi simpatiknya untuk Rohingya dengan mengumpulkan donasi dan berdoa bersama di Mapolres, Rabu (6/9). Kegiatan itu diharapkan menginspirasi masyarakat mengikutinya alih-alih berunjuk rasa di Candi Borobudur.

“Keluarga besar Polres Karanganyar bersinergi dengan lembaga resmi penyalur bantuan kemanusiaan ke Rohingya. Mumpung semua anggota berkumpul di apel pagi, sekalian saja kotak amalnya diedarkan,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan di Mapolres.

Kotak amal dari kardus tertulis ‘aksi penggalangan dana keluarga besar Polres Karanganyar untuk Rohingya’ itu diedarkan seorang polwan senior ke peserta apel dan para anggota di halaman Jananuraga. Tak butuh waktu lama mengumpulkan uang di kotak itu. Nilainya pun cukup lumayan, mencapai jutaan rupiah. Ditu belum dijumlah donasi dari anggota Bhayangkari yang kebetulan menggelar aksi donor darah di lokasi yang sama.

“Ini merupakan aksi nyata dari solidaritas yang dibangun. Lebih elegan. Sekarang, hormati saja diplomasi yang sedang berproses. Jangan sampai ikut-ikutan membuat suasana lebih keruh dengan berunjuk rasa, apalagi demonya di Candi Borobudur,” pintanya.

Wakapolres Karanganyar Kompol Prawoko menambahkan, pengumpulan donasi dilanjutkan salat gaib di musala Mapolres. Menurutnya, itu merupakan wujud kepedulian dan penyampaian empati sesama umat manusia.
“Doa bersama dan pengumpulan sumbangan massal akan digelar di Masjid Agung Karanganyar pada Jumat (8/9) nanti,” katanya.

Penting diketahui, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Karanganyar bersama elemen masyarakat di Bumi Intanpari telah menyatakan sikapnya terkait konflik di Rakhine, Myanmar. Mereka menolak segala bentuk provokasi mengatasnamakan agama dan mendesak pemerintah Indonesia ikut mendorong pemerintah Myanmar segera menghentikan tragedi kemanusiaan itu. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI