Polres Karanganyar Kenalkan Unit Satwa

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Selain mengandalkan personel dan sarananya dalam mengamankan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Karanganyar juga menggunakan unit satwanya. Narkoba, mayat dan bahan peledak efektif dideteksi melalui penciuman anjing pelacaknya yang terlatih.

“Dengan adanya anjing kepolisian yang sudah terlatih dapat mendukung dan membantu kinerja anggota bilamana ada kesulitan di lapangan, seperti halnya kejadian tanah longsor kemarin dalam pencarian korban anjing tersebut ikut terjun di lapangan membantu melacak bau mayat korban dalam proses evakuasi,” ungkap Kasat Samapta Iptu Gatot Gondo Hartoyo, Rabu (01/12/2021).

Dalam apel kesiapan sarpras, Polres menyimulasikan pencarian mayat dan pelacakan sabu-sabu. Dua ekor unit satwa menunjukkan kemahirannya menemukan sasaran secara cepat dan tepat. Anjing berjenis German Shepherd Dog bernama Herbi mempuanyai keahlian membantu tugas SAR dan pelacakan umum sedangkan Desi, anjing berjenis Belgian Malinois membantu tugas kepolisian terkait narkotika.

Keseluruhan di Polres Karanganyar memiliki 7 ekor anjing kepolisian yang mempunyai peranan dan keahlian masing-masing yang mengawaki dari unit satwa k.9 Sat Samapta. Mereka dilatih khusus dan dipelihara secara istimewa. Asupan nutrisinya pun diperhatikan. “Pemberian makan yang bergizi, vitamin yang cukup serta pemberian vaksin rutin setiap satu tahun sekali,” katanya.

Sementara itu Polres Karanganyar segera berkoordinasi dengan instansi terkait, mengenai penerapan PPKM Level 3 jelang peringatan Natal 2021 dan perayaan Tahun Baru 2022. Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla mengatakan, rencana pemerintah menerapkan PPKM Level 3 untuk kebaikan bersama.

“Ini untuk kepentingan masyarakat. Sebagai langkah antisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Saat ini, kasus terus menurun. Namun masyarakat tetap perlu menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, serta mencegah kerumunan,” katanya.

Sementara terkait pengamanan menjelang akhir tahun, Kapolres mengatakan, seluruh personel disiagakan. Selain itu, semua sarana dan prasarana dicek, untuk memastikan kesiapannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Termasuk peralatan dan perlengkapan untuk penanganan bencana.

“Semua disiapkan. Kendaraan roda dua dan roda empat, peralatan taktis, persenjataan, dicek semua. Kami pastikan tidak ada masalah, sehingga siap saat diperlukan untuk pelaksanaan tugas,” imbuhnya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI