Polres Sukoharjo Apelkan Kapos Kamling

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Ratusan orang Kepala Pos Keamanan Lingkungan (Kapos Kamling) diapelkan di halaman Mapolres Sukoharjo, Selasa (15/5). Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi dimaksudkan sebagai upaya membangkitkan kembali semangat gotong royong menjaga keamanan menjelang puasa Ramadan dan Pilgub Jawa Tengah 2018.

AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, keberadaan Poskamling di tengah masyatakat sangat penting. Sebab menjadi sarana bagi masyatakat untuk bertemu dan berkumpul secara bersama menjaga keamanan lingkungan. Kapos Kamling juga memiliki peran tidak kalah penting dalam menggerakan dan mengarahkan masyarakat agar tetap terus menjaga semangat gotong royong seperti yang sudah dijalankan leluhur.

Gotong royong dalam menjaga keamanan lingkungan dalam kegiatan ronda malam di Poskamling sekarang seiring perkembangan jaman semakin luntur. Masyarakat modern lebih memikirkan kepentingan pribadi daripada bersama.

Dalam menjaga keamanan, Kapolres mengajak semua pihak untuk mengambil peran masing masing. Dengan demikian maka tidak tersentral pada aparat keamanan saja.

"Semangat ronda malam di Poskamling harus terus dijaga. Gotong royong menjaga keamanan ini sudah ada sejak jaman leluhur kita dulu. Jangan sampai masyatakat modern melupakannya terlebih lagi menjelang puasa Ramadan dan Pilgub Jawa Tengah 2018," ujar AKBP Iwan Saktiadi.

Sesuai Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tanggal 10 Desember 2017 bahwa sistem keamanan lingkungan dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong dan swaskarsa.

Kapolres menjelaskan, Siskamling diselenggarakan dengan tujuan menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib dan tenteram di lingkubgan masing masing. Selain itu terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungan dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas.

"Kapos Kamling juga membantu kami dengan memberikan informasi segala sesuatu di lingkungannya masing masing. Dengan demikian segala masalah Kamtibmas bisa langsung diatasi," lanjutnya.

Para Kapos Kamling juga diharapkan mampu menjadi pelopor dan teladan bagi warga masyarakat yang lain untuk mengajak agar setiap warga masyarakat menyadari betapa pentingnya bahwa keamanan dan ketertiban lingkungan mutlak diperlukan dan dibutuhkan kapan saja. "Sehingga Siskamling dilaksanakan bukan karena mau pemilu tetapi wajib dilaksanakan setiap saat dan waktu," lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI