Polres Sukoharjo Kejar Predikat WBK dan WBBM

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo kejar predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Target dibidik dengan membangun Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) satu pintu sebagai komitmen pelayanan pada masyarakat.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Kamis (30/1) mengatakan, Polres Sukoharjo sangat serius mengejar predikat WBK dan WBBM sebagai bagian dari peningkatan pelayanan masyarakat. Selain itu juga mewujudkan Polres Sukoharjo bersih dari berbagai bentuk pelanggaran seperti korupsi dan pungutan liar (pungli). Untuk mewujudkan hal tersebut maka Polres Sukoharjo membangun SPKT satu pintu.

Pembangunan dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan di Polres Sukoharjo. Pembangunan dilakukan baik dari fisik bangunan dan kelengkapan sarana serta prasarana sebagai penunjang kerja.

SPKT satu pintu Polres Sukoharjo nanti akan memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti kepengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) dan sidik jari. Selama ini ketiga pelayanan tersebut tersebar disejumlah tempat.

Kondisi tersebut mengakibatkan pelayanan pada masyarakat menjadi tidak maksimal. Sebab masyarakat harus pergi ke sejumlah tempat untuk bisa mendapat pelayanan SKCK, SPK dan sidik jari. Nantinya sistem tersebut akan dirubah Polres Sukoharjo dan dijadikan satu tempat.

“Polres Sukoharjo sedang mempersiapkan SPKT satu pintu dan sekarang sedang dipersiapkan pembangunannya. Kedepan pelayanan pada masyarakat akan semakin mudah dan transparan,” ujarnya.

Bangunan baru SPKT satu pintu nanti akan menjadi terobosan bagi Polres Sukoharjo tidak hanya dibidang program, namun juga sumber daya manusia (SDM) khususnya petugas. Sebab petugas dituntut memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat termasuk berkaitan dengan transparansi.

Kapolres mengatakan, pembangunan SPKT satu pintu terus dikebut dan diperkirakan mulai beroperasi dalam waktu dekat ini. Menurutnya pelayanan terpadu akan menekan pungli sekaligus mewujudkan komitmen Polres Sukoharjo meraih predikat WBK dan WBBM.

“Tahapan mencapai target WBK dan WBBM ini telah dimulai dengan pencanangan pembangunan zona integritas,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI