Polres Sukoharjo Larang Konvoi Kendaraan Pada Malam Tahun Baru

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo melarang konvoi kendaraan pada malam pergantian tahun. Larangan juga diberlakukan pada kerumunan massa setelah perayaan tahun baru selesai digelar. Petugas akan melakukan penindakan tegas apabila masih ditemukan pelanggaran di lapangan. Aturan tersebut diberlakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Sabtu (28/12) mengatakan, pengamanan penuh akan dilakukan Polres Sukoharjo dengan penjagaan ketat disejumlah titik pusat keramaian saat perayaan tahun baru. Lokasi tersebut seperti di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol dan Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo Kota. Petugas akan disebar disana mengamankan berbagai acara yang akan digelar.

Pengamanan juga dilakukan Polres Sukoharjo dengan menurunkan pasukan patroli lapangan. Petugas menyisir wilayah rawan dan melakukan penjagaan sejumlah tempat seperti kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan, bank, perumahan warga dan lainnya untuk menghindari tindak kejahatan. Sebab disaat perayaan tahun baru tempat tersebut kosong ditinggal penghuni atau pegawai.

Pada perayaan malam pergantian tahun Polres Sukoharjo memberlakukan larangan konvoi kendaraan. Larangan diberlakukan karena menjadi penyebab kemacetan arus lalu lintas. Selain itu membuat ketidaknyamanan masyarakat. Sebab rombongan massa menimbulkan suara berisik dan menakutkan warga.

Keberadaan konvoi kendaraan juga rawan pelanggaran lalu lintas. Sebab pengendara khususnya sepeda motor sering kedapatan tidak memakai helm dan membawa kelengkapan surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK). kerawanan lainnya yakni penggunaan knalpot brong yang menimbulkan suara berisik.

"Larangan konvoi kendaraan kami berlakukan demi menjaga kenyamanan masyarakat dan kondusifitas daerah saat perayaan malam pergantian tahun," ujarnya.

Penindakan akan dilakukan Polres Sukoharjo apabila ada yang nekat melakukan konvoi kendaraan saat perayaan tahun baru. Petugas memberikan sanksi seperti peringatan, tilang hingga penyitaan kendaraan apabila menemukan pelanggaran berat.

"Pengamanan tetap dilakukan penuh disemua wilayah di Sukoharjo. Sedangkan titik kosentrasi massa pada malam pergantian di Solo Baru, Grogol dan Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo Kota," lanjutnya.

Polres Sukoharjo juga memberlakukan aturan ketat dengan melarang kerumunan massa usai perayaan tahun baru. Massa diminta segera membubarkan diri begitu acara selesai digelar. Warga dilarang berkumpul atau nongkrong di pinggir jalan menghindari kerawanan terjadi tawuran.

Massa yang nekat berkerumun di pinggir jalan usai perayaan tahun baru maka akan dibubarkan paksa petugas. Polres Sukoharjo telah menyiapkan pasukan menyisir wilayah untuk sterilisasi titik kerumunan massa.

"Penyisiran juga kami lakukan dengan melarang penjualan petasan selama perayaan tahun baru. Barang tersebut rawan disalahgunakan dan membahayakan," lanjutnya.

Kapolres mengajak kepada masyarakat dan semua pihak terkait membantu menjaga keamanan dan kondusifitas daerah bersama di Sukoharjo selama perayaan tahun baru. Sebab tugas tersebut menjadi tanggungjawab bersama. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI