Polres Sukoharjo Razia Karaoke di Solo Baru

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo melakukan razia disejumlah tempat hiburan karaoke di kawasan Solo Baru, Grogol. Petugas dalam kegiatan tersebut tidak hanya melakukan pemeriksaan barang bawaan saja namun juga tes urin terhadap semua pengunjung. Hasilnya tidak ditemukan pelanggaran penggunaan narkoba. Meski begitu ada temuan penyalahgunaan minuman keras (miras).

Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP AA Gede Oka, Minggu (30/12) mengatakan, razia menyasar sembilan tempat hiburan karaoke semua berada di kawasan Solo Baru, Grogol pada Sabtu (29/12) malam sampai Minggu (30/12) dinihari. Polres Sukoharjo menerjunkan sejumlah personil dari beberapa satuan untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pengunjung di tempat hiburan karaoke.

Pemeriksaan dilakukan petugas secara ketat dengan meminta kepada semu pengunjung tempat hiburan karaoke untuk dikeluarkan dari tas dan saku. Bahkan untuk memastikan ada tidaknya narkoba yang dibawa petugas juga melakukan penggeledahan pada pakaian termasuk jaket yang dikenakan pengunjung.

Hasilnya dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan satupun pelanggaran penggunaan narkoba. Meski begitu petugas tetap melakukan pemeriksaan lebih ketat lagi dengan tes urin terhadap senua pengunjung tempat hiburan karaoke. 

Tes urin digelar dengan cepat karena bisa langsung diketahui hasilnya oleh petugas. Ternyata dalam tes urin tersebut tidak ada temuan pelanggaran penggunaan narkoba.

"Pelanggaran penggunaan ataupun peredaran dengan memperjualbelikan narkoba di tempat hiburan karaoke tidak kami temukan dalam razia. Petugas yang diterjunkan hanya menemukan pelanggaran penggunaan miras terhadap sejumlah pengunjung dan mereka langsung kami tindak," ujarnya.

Temuan miras didapati petugas setelah melihat sejumlah pengunjung mengonsumsinya di tempat hiburan karaoke. Miras tersebut seharusnya tidak diperbolehkan peredarannya. Sanksi juga diberikan kepada pengelola tempat hiburan dengan meminta mereka menjual atau membiarkan adanya miras.

"Razia yang kami gelar dalam rangka cipta kondisi menjelang perayaan tahun baru 2019," lanjutnya.

Polres Sukoharjo dalam razia kali ini sengaja menyasar sejumlah tempat hiburan karaoke di kawasan Solo Baru, Grogol karena menjadi wilayah paling rawan pelanggaran peredaran narkoba termasuk miras. Sebab dalam beberapa kali kejadian petugas sering menemukan pelanggaran tersebut. 

Razia serupa dalam rangka cipta kondisi menjelang perayaan tahun baru 2019 masih akan digelar Polres Sukoharjo disejumlah wilayah lainnya. Seperti di Kecamatan Kartasura dan Mojolaban. Keduanya dipilih karena memang rawan terjadi pelanggaran peredaran narkoba dan miras. Seperti salah satu penyebabnya karena di wilayah Kecamatan Mojolaban banyak perajin miras jenis ciu. Sedangkan di Kecamatan Kartasura karena tingginya tingkat kepadatan dan aktifitas penduduk disana.

"Razia juga akan kami laksanakan saat perayaan tahun baru. Tidak boleh ada konvoi kendaraan dan pesta miras," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI