Polres Sukoharjo Usut Pembongkaran Pagar Keraton Kartasura

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo turun melakukan penyelidikan terkait kasus perubahan pagar Keraton Kartasura. Dua orang saksi telah dipanggil untuk dimintai keterangan. Polisi berkoordinasi dengan Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah karena bangunan yang dibongkar merupakan Benda Cagar Budaya (BCB).

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Sabtu (23/4) mengatakan, dari aspek hukum dan keamanan, Polres Sukoharjo mendapat informasi terjadi pembongkaran pagar Keraton Kartasura. Polres Sukoharjo kemudian menurunkan Satuan Reskrim Polres Sukoharjo dan Polsek Kartasura. Untuk langkah awal sudah diamankan lokasi dengan memasang garis polisi. Kemudian juga ada pemilik lahan dengan inisial MKB dan operator alat berat diklarifikasi dimintai keterangan.

“Diduga keras ada suatu bentuk perbuatan melawan hukum terkait dengan Undang-Undang Cagar Budaya,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, kemudian sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Cagar Budaya Pasal 100 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPCB berhak menangani kasus ini. Namun demikian Polres Sukoharjo tetap akan memberikan pendampingan, koordinasi dan asistensi sebagaimana yang diperlukan dalam penanganan kasus.

Polres Sukoharjo terkait kasus pembongkaran pagar Keraton Kartasura baru sebatas melakukan penyelidikan dan belum ke penyidikan dan penanganan awal di tempat kejadian perkara (TKP). Penentuan tersangka kasus ini ditegaskan Kapolres, akan dilakukan dari PPNS BPCB.

“Penyidikan akan dilakukan PPNS BPCB dan akan kami backup sepenuhnya dari Polres Sukoharjo,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI