Polri dan TNI All Out Amankan Pergantian Tahun di Solo

SOLO, KRJOGJA.com -Jajaran Polresta Solo diback up TNI melakukan pengamanan perayaan Tahun Baru Car Free Night ( CFN) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jendral Soedirman, Solo secara all out, Senin (30/12/2019).

Sejumlah penembak jitu dari satuan Brimob telah disiapkan di sejumlah titik, sementara Komando Resort Militer (Korem) 074 / Warastratama telah menyiapkan 1.000 personil TNI bersenjata lengkap dengan posisi siap on caĺl .

Kapolresta Solo , AKBP Andy Rifai didampingi Danrem 074/Warastratama Brigjen Inf Rafael Granada Baay, Dandim 0735/ Solo Letkol Inf Wiyata Sempana Aji serta Wakapolresta Solo AKBP AKBP Iwan Saktiadi kepada wartawan di Mapolresta Solo, Senin (30/12/2019) mengatakam pihaknya telah memetakan ancaman terhadap perayaan pergantian tahun di Solo Raya.

" Pengamanan di kota Solo di fokuskan di arena Car Free Night serta area berkumpulnya masyarakat lainnya seperti di sekitar Stadion Manahan, Alun-Alun Selatan Kraton Solo, dan sepanjang bantaran sungai di depan terminal Tirtonadi yang belakangan menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo." ujarnya.

Menurut Kapolresta Solo AKBP
Andy Rifai saat menggelar
Simulasi Kontijensi dalam rangka Antisipasi Perayaan Menyambut Malam Tahun Baru 2020 yang diikuti semua perwira di jajaran Polresta Solo telah diantisipasi kemungkinan gangguan keamanan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas) diantaranya dari yang ringan seperti copet, pengaruh minuman keras mabuk-mabukan, konflik antar kelompok, kebakaran, pohon tumbang hingga terorisme. "

Dalam kontijensi sudah disusun rencana pengamanan termasuk siapa yang bertanggung jawab menanggulangi secara berjenjang ,"papar Kapolresta Solo.

Sementara Brigjen Inf Rafael Granada Baay yang masih merangkap jabatan baik sebagai Danrem 074/Warastratama juga menjabat Asisten Teritorial Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Aster Kaskogabwilhan) I menegaskan pihak TNI juga memiliki tanggung jawab besar untuk mengamankan situasi pergantian tahun di Solo. "Sesuai prosedur tetap (protab) TNI mem back up Polri, untuk pengamanan kota Solo dan sekitarnya TNI mengerahkan pasukannya sekitar 1.000 personil ," papar Danrem Brigjen Inf Rafael Granada Baay .

Sementara Polresta Solo diback up Polda Jateng mengerahkan ‎belasan kamera tersembunyi CCTV baik statis maupun mobile, untuk memantau situasi di CFN. Ada yang di kendaraan, ada juga yang dipasang di helm personel Sabhara yang bertugas," ujar Kapolresta Solo AKBP Andy Rifai. -(Hwa).

BERITA REKOMENDASI