Polri dan TNI Bantu Vaksinasi Covid-19  

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com)-Ribuan warga Karanganyar divaksin Covid-19 secara massal di GOR RM Said dan GOR Nyi Ageng Karang, Sabtu (26/6). Pada vaksinasi kali ini, Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar membebaskan siapa saja mengikutinya.

Mereka yang divaksin, memang sebelumnya telah diberi undangan. Kategorinya bukan yang telah diberi vaksinasi  Bahkan jika tidak diundang pun, boleh datang. Asalkan belum pernah divaksin Covid-19 dengan terlebih dulu dikroscek NIK.

Pantauan di GOR RM Said, puluhan warga mengantre pendaftaran ulang di halaman GOR sejak pukul 07.30. Setelah namanya dipanggil, langsung dilakukan skrining dan mengisi formulir. Petugas di bagian skrining lanjutan akan menanyai warga ihwal kondisi kesehatan dan kesiapannya divaksin. Baru kemudian injeksi dilakukan. Mereka yang telah divaksin belum boleh pulang. Tapi diobservasi dulu minimal 30 menit. Selama menunggu observasi dipersilakan menikmati makanan kecil yang telah dibagikan. Petugas kemudian menyerahkan bukti sudah divaksin lalu membolehkan warga pulang.

Kapolres Karanganyar AKBP M Syafi Maulla mengapresiasi kesediaan warga datang ke GOR RM Said dan GOR Nyi Ageng Karang untuk divaksin. Selama mendaftar sampai pulang, protokol kesehatan benar- benar dilakukan secara standar. Dikatakannya, 4.000 dosis itu selain didistribusi ke dua lokasi itu juga ke 21 puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan di Karanganyar.

“Semua serentak sehari ini. Ada 4.000 dosis. Bagi yang belum sempat didata, mohon menunggu. Bersabar,” katanya.

Rinciannya, 1.200 dosis digunakan pada vaksinasi massal di GOR RM Said dan GOR Nyi Ageng Karangang, sedangkan 2.800 dosis vaksin dibagi ke 21 puskesmas di Karanganyar.

Melihat antusias warga menjalani vaksinasi, M Syafi Maula optimistis target penyelesaian vaksinasi tercapai. Ini membuktikan mereka ingin segera pandemi Covid-19 berakhir.

Bahkan Bupati Karanganyar juliyatmono menyebut wilayahnya menjadi salah satu daerah yang paling banyak vaksinasi Covid-19.  (LIM)

BERITA REKOMENDASI