Polwan Cantik Ini Ikut Mengajar Anak Mengaji

MENJELANG berbuka puasa menjadi kesempatan tepat mengumpulkan anak-anak di asrama polisi kompleks Mapolres Karanganyar untuk mengajarnya membaca ayat suci Alquran secara tartil. Ustazah bukan dari kalangan pondok pesantren, melainkan cukup memberdayakan polisi wanita (polwan). 

Lima polwan berhijab dari satuan kepolisian telah menyiapkan diri di Masjid Al Huda kompleks Polres sambil membawa mushaf Alquran. Mereka lalu mempersilakan puluhan santriwan dan santriwati usia SD masuk ke dalam sambil menebar senyum dan mengucap salam. Anak-anak berpakaian takwa itu pun membalas dengan salam dan santun kepada Bribda Tarum, Bribda Arhanis, Bribda Annisa Gian, Bribda Maheswari dan Bripda Nur Indah. 

Duduk bersila saling berhadapan berbatas meja kecil, sang ustazah memulai tadarus dengan surat-surat pendek Juz 30 seperti An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab dan An-Nasr. Sebagian ustazah selain menyimak bacaan juga melatih anak-anak itu memahami ilmu tajwid untuk pemula. 

"Kebetulan musim liburan anak-anak. Kami juga mengemban misi ikut menciptakan suasana religius selama Ramadan. Setelah tadarus Alquran dilanjutkan belajar tajwid dan menulis huruf hijaiyah,” ujar Bribda Maheswari kepada wartawan di sela tadarus Alquran di Masjid Al Huda. 

Senada disampaikan Bribda Nur Indah yang mengatakan kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap ramadan. Ia mengajak anak-anak berpuasa, mengisi kegiatan liburan dengan hal positif seperti mengaji dan menghafal doa. (R-10)

BERITA REKOMENDASI