Ponpes Yayasan Al-Barru Gelar Nobar Film G30S/PKI

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Di bawah guyuran hujan gerimis ratusan santri Ponpes Yayasan Al Barru Bulusari Bulusulur Wonogiri, Kamis (28/) malam, menggelar nonbar (nonton bareng) film G30S/PKI bersama kalangan masyarakat sekitar. Dengan pemutaran film sejarah kelam bangsa Indonesia diharapkan peristiwa memilukan tersebut tidak terulang.

Event nonbar film gerakan PKI tahun 1965 itu dihelat bersama antara Ponpes Yayasan Al Barru dengan Kodim 0728 Wonogiri khususnya Koramil 01 dan Pemerintah Desa Bulusulur Wonogiri. Sebanyak 160 santri ponpes disertai dewan guru dan kalangan pengurus Yayasan Al Barru  bersama warga sekitar nampak tak beranjak dari tempat duduknya menyaksikan film garapan sutradara Arifin C Noer yang baru selesai diputar setelah pukul 24.20 WIB.

Pembina Ponpes Yayasan Al Barru Bulusari Wonogiri KH Suharto SPd menyebutkan, nonbar film G-30S/PKI sangat berguna bagi santriwan/santrawatinya maupun warga masyarakat sekitar desa itu khususnya mereka yang masih remaja.

"Tidak hanya sekadar tontonan namun film ini menjadi tuntutan bagi kita semua sebagai generasi muda penerus bangsa ini bahwa gerakan itu (PKl) jangan sampai terulang lagi," katanya.

Sementara itu Komandan Kodim 0728 Wonogiri melalui Danramil Wonogiri Kota Kapten Tono, mengapresiasi kepedulian jajaran pengurus Ponpes Yayasan Al Barru Bulusari dalam kegiatan ini. Menurut dia, masyarakat ternyata sangat antusias untuk menonton pemutaran kembali film G30S/PKI sebagaimana intruksi Panglima TNI Jenderal TNl Gatot Nurmantyo.

"Untuk wilayah ini (Koramil 01 Wongiri) saja sudah diputar sebanyak puluhan kali atau tempat, khusus pada malam ini bersamaan ada empat tempat diantaranya Pokohkidul, Wonokarto dan Bulusari Bulusulur ini," terangnya. Dengan melihat film ini, lanjut Tono, saya imbau mari kita tumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan anak bangsa serta tetap waspada kemungkinan akan bangkitnya kembali gerakan atau aksi biadab PKI. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI