Pos Pantau Tonase Pertigaan Kadilangu Baki Dibangun

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Satu Pos Pantau dibangun Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo di pertigaan Desa Kadilangu, Kecamatan Baki. Tujuannya untuk memantau tonase kendaraan berat. Sebab sering terjadi pelanggaran baik truk maupun bus berat melintas. 

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indrianto, Rabu (7/6) mengatakan, sengaja mendirikan Pos Pantau untuk penempatan petugas melakukan pemantauan kendaraan yang melintas. Lokasi dipilih di pertigaan Kadilangu, Baki karena menjadi titik rawan baik kemacetan maupun pelanggaran. Sebab banyak truk dan bus berukuran besar melebihi tonase.
Keberadaan truk dan bus tersebut menyebabkan arus lalu lintas kendaraan menjadi macet. Selain itu juga jadi penyebab rusaknya jalan.

“Pos Pantau dari Dishub Sukoharjo sudah berdiri. Sementara satu di pertigaan Kadilangu, Baki. Setiap hari minimal ada tiga petugas jaga disana melakukan pemantauan,” ujar Djoko Indrianto.

Pendirian Pos Pantau sengaja dilakukan sekarang bersamaan dengan momen menjelang arus mudik lebaran. Sebab disaat seperti sekarang arus lalu lintas di pertigaan Kadilangu, Baki sering macet. Di lokasi pertigaan Kadilangu, Baki sebenarnya sudah terpasang trafficlight namun tidak diaktifkan. Sebab kondisi jalan sempit tidak sebanding dengan banyaknya kendaraan yang melintas.

“Petugas Dishub Sukoharjo yang jaga di Pos Pantau juga sekaligus membantu mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan,” lanjutnya.

Sementara itu pemantauan juga dilakukan oleh Dishub Sukoharjo berkaitan dengan keberadaan rambu lalu lintas. Sebab beberapa hari lalu satu unit rambu yang baru dipasang di wilayah Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol hilang dicuri. “Awalnya rambu itu di corat-coret kemudian hilang entah siapa yang melakukannya. Sudah kami tangani dan berkoordinasi dengan pihak terkait,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI