PPDB Karanganyar Tidak Beri Jalur Khusus Anak Nakes

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar memastikan tidak ada hak istimewa anak tenaga kesehatan (nakes) di penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di jenjang TK/Paud-SMP sederajat.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati mengatakan sempat muncul wacana jalur khusus bagi anak nakes sebagai penghargaan bagi mereka yang mengambil risiko menangani pasien Covid-19. Namun ia memastikan, hal tersebut tidak diakomodasi Perbup Karanganyar No 21 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis PPDB 2020/2021 bagi peserta didik TK-SMP.

“Anak tenaga kesehatan tidak bisa diperlakukan khusus. Yang kita laksanakan sesuai yang tercantum di Perbup saja,” jelasnya kepada KR di Karanganyar, Kamis (18/6).

Di Perbup itu, semua pendaftar diperlakukan sama. Kesempatan mereka masuk sekolah tergantung parameter baku tanpa bentuk apresiasi profesi orangtuanya.

Di PPDB TK/Paud-SMP di Karanganyar, panitia menyeleksinya dari empat jalur. Yakni zonasi, prestasi, perpindahan penduduk dan afirmasi. PPDB dibuka secara daring dan luring mulai 22-25 Juni 2020. Ia menjelaskan, jalur afirmasi membuka kesempatan anak dari keluarga ekonomi lemah untuk dapat masuk sekolah favoritnya.

BERITA REKOMENDASI