PPKM Jilid II, Jam Malam Mulai Pukul 21.00 WIB

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemkab Karanganyar memasang jam malam pukul 21.00 WIB selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid II pada 26 Januari-8 Februari 2021. Bagi para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di area fasilitas umum (fasum), PPKM jilid II memberi kelonggaran lebih untuk mengais rezeki.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan perpanjangan PPKM dituangkan instruksi bupati Karanganyar nomor 180/3 tahun 2021. Upaya menekan penyebaran Covid-19 tersebut merupakan turunan instruksi Gubernur yang mengatur perihal sama. “Jam malam mulai pukul 21.00 WIB. Selepas itu tidak boleh ada aktivitas apapun yang memicu kerumunan dan keramaian,” kata Juliyatmono kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (26/1).

Aktivitas perekonomian sebelum pukul 21.00 WIB masih diperbolehkan. Asalkan menerapkan protokol kesehatan. Artinya, PKL di fasilitas umum boleh berjualan dengan durasiyang lebih legas. Jika sebelumnya mereka memilih tutup karena kurang leluasa bekerja, maka kini bisa bekerja tanpa tergesa-gesa. Pada PPKM tahap I pada 11-25 Januari 2021, jam malam berlaku mulai pukul 19.00 WIB.

“PPKM itu sosialisasi hidup baru. Jangan dimaknai terlalu kaku. Ini sebagai upaya mendisiplinkan. Bagi usaha kuliner, pesanan di atas pukul 20.00 WIB sebaiknya dibungkus. Sebab dikhawatirkan, aktivitas makan di tempat bisa memakan waktu berlarut-larut.

BERITA REKOMENDASI