Prajurit Kodim Sragen Buat Ratusan Lubang Biopori

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Jajaran Kodim 0725 Sragen membuat ratusan lubang biopori di sejumlah sekolah di wilayah setempat, Jumat (09/06/2017). Pembuatan biopori dalam rangka peringatan pekan Pancasila ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan, sekaligus menanamkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Komandan Kodim 0725 Sragen, Letkol (Arh) Camas Sigit Prasetyo M MDS mengatakan, kegiatan pembuatan biopori digelar di SMP Negeri 6 Sragen, SMP Negeri 5 Sragen, SMP Negeri 4 Sragen, SMP Negeri 2 Karangmalang dan SMP Negeri 1 Sidoharjo. Di setiap sekolah pilihan tersebut, anggota TNI bersama guru dan siswa membuat lubang biopori secara bersama-sama.

Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen, para anggota TNI bahu membahu dengan guru dan siswa membuat lubang biopori untuk penyerap air. “Resapan dibuat dengan ukuran diameter 10-30 cm dan panjang 30-100 cm dan ditutupi sampah organic. Manfaat biopori untuk memaksimalkan air yang meresap ke tanah sehingga mengurangi genangan air dan mengurangi resiko banjir,” tambah Pasiter Kodim 0725 Sragen, Kapten Jumadiyono.

Menurut Jumadiyono, kegiatan pembuatan lubang resapan ini merupakan komitmen TNI untuk melestarikan lingkungan dan penghijauan karena kehidupan dan aktivitas mikro organisme membuat tanah menjadi gembur dan subur. “Kami harus ikut menanamkan kesadaran untuk para siswa tentang arti pentingnya menjaga lingkungan hidup. Lubang biopori juga dapat meningkatkan ketahanan lingkungan dari dampak perubahan iklim,” tandasnya.

Sementara, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sumardu mengaku bangga sekolahnya terpilih program pembuatan biopori Kodim Sragen. Kegiatan ini sangat berguna dan membantu pemahaman siswa tentang arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Kami mengapresiasi kegiatan ini dan siap mendukung demi lingkungan yang lebih baik,” tuturnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI