Pramuka ‘Evakuasi’ Korban Longsor di Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Ratusan pelajar SMKN Jenawi diedukasi evakuasi korban bencana alam tanah longsor di Dusun Jambon, Desa Menjing, Jenawi, Selasa (26/11). Simulasi tersebut berlangsung di dalam sekolah dan di luarnya.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama mengatakan wilayah Kecamatan Jenawi dan Karangpandan dijadikan lokasi pembinaan teritorial (Binter) terpadu. Di Jenawi, Kodim Karanganyar melibatkan ratusan peserta didik SMKN Jenawi yang tergabung di Saka Wira Kartika atau pramuka penegak dan pandega.

"Binter terpadu ini ke pembinaan misalnya memberi contoh bersih sungai. Juga sosialisasi dan simulasi kebencanaan yang dipandu BPBD," katanya usai apel pasukan di lapangan Desa Salam, Karangpandan.
Ia mengatakan pentingnya BPBD dan TNI mengedukasi mitigasi bencana. Terutama menyiapkan masyarakat dalam mendeteksi dini bencana alam dan bergerak cepat menyelamatkan korban.

Sementara itu di Dusun Jambon, 300 lebih peserta didik SMKN Jenawi mengikuti simulasi di area bekas longsor pada 2014 lalu. Area itu hanya menyisakan 14 KK yang masih bertahan. Diantara peserta simulasi, terdapat 40 anggota PMR. 

"Sekolah kami berada di Desa Menjing, dimana lokasi rawan longsor. Di simulasi ini, PMR diharapkan mempelajari ilmu mengevakusi korban. Ada 300 anak dari kelas X ikut simulasi ini," kata Kepala SMKN Jenawi, Sri Eka Lelana kepada KR.

Dalam skenarionya, ratusan pelajar sedang mengikuti acara pramuka di Dusun Jambon. Tiba-tiba bumi bergunjang dan tanah terbelah. Para pelajar berlarian sehingga terjatuh dan terluka. Dua anak meninggal dunia, enam luka berat tiga luka sedang dan dua luka ringan. Belum lagi belasan histeris. Para PMR bertugas mencari para korban dan memprioritaskan penanganan sesuai tingkat fatalitas. Untuk korban luka berat dievakuasi dengan cara ditandu, sedangkan luka sedang dan ringan dibantu berjalan.

Korban meninggal dunia dimasukkan ke kantung jenazah. Sebelum simulasi tanah longsor dilakukan latihan memadamkan api dengan alat sederhana dan APAR yang berlangsung di halaman sekolah. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI