Presiden Bagi Penghargaan untuk Kepala Daerah Peduli HAM

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Jokowi menyerahkan secara simbolis piagam/plakat penghargaan kepada kepala daerah yang peduli terhadap hak asasi manusia (HAM). 

Penyerahan itu pada puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-dunia ke-69 yg diperingati di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017). Beberapa gubernur yang mendapatkan penghargaan itu antara lain Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman. 

Selain itu, ada beberapa wali kota dan bupati juga mendapatkan penghargaan yang sama. Dalam momen pemberian penghargaan itu itu, Presiden Jokowi menilai bahwa penerapan prinsip hak asasi manusia (HAM) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus ditingkatkan.

"Hak-hak sipil dan hak-hak politik, kita juga harus menjamin hak-hak sosial, hak-hak ekonomi, dan kultural yang akan mempengaruhi hak politik warga negara,” jelas Jokowi saat memberikan sambutannya, Minggu (10/12/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh pemerintah terkait penegakan hukum dan HAM yang belum masksimal karena belum bisa diselesaikan secara tuntas.

Perlu kerjasama dengan berbagai pihak, antara pemerintah pusat dan daerah, dan seluruh komponen masyarakat. "Salah satunya adalah termasuk di dalamnya pelanggaran masyarakat HAM. Dengan kerja bersama kita hadirkan keadilan HAM, kita hadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," lanjut Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi pada berbagai pihak yang sudah mampu memberikan kontribusi nyata untuk penegakan prinsip-prinsip HAM di Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI