Presiden Bakal ke Wonogiri, Bupati Siapkan ‘Kejutan’

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengisyaratkan pihaknya akan menyampaikan kejutan kepada Presiden Jokowi yang dijadwalkan mengunjungi daerah bencana alam di Dlepih Tirtomoyo Wonogiri, Sabtu (9/12/2017).

"Maaf untuk total berapa kerugian bencana alam di daerah Wonogiri tidak saya sampaikan dulu (kepada teman media), besok akan saya sampaikan langsung kepada beliau (Jokowi)," ucap bupati usai rapat persiapan kunjungan Presiden RI di kantornya, Jumat (8/12/2017).

Menurut Bupati Wonogiri, pihaknya bersama OPD terkait dan BPBD Wonogiri sudah menghitung kerugian dampak bencana alam baru-baru ini. Tapi, kata dia, sebelum acara dengan Presiden di Dlepih angka tersebut jangan sampai bocor ke awak media.

"Yang jelas dana tak terduga (DTT) bencana alam tahun ini sebesar Rp 1,9 miliar lebih sudah kami keluarkan semua," imbuhnya.

Bupati mengaku merasa bangga daerah bencana alam Wonogiiri mendapat perhatian khusus Jokowi disela kunjungan kerja ke DIY dan Pacitan (Jatim) hari ini. Pihaknya berharap, setelah dikunjungi presiden masyarakat terdampak maupun jajaran Pemkab Wonogiri memiliki komitmen yang tinggi dalam mendetiksi dini munculnya bencana di kemudian hari.
"Misalnya, bagaimana agar OPD terkait dan masyrakat 'guyub' menjaga lingkugan dan tidak merusak hutan yang ada dengan ilegal logging," papar Joko Sutopo usai rapat bersama tim Kepresidenan RI.

Data yang ada di Kasi Kesra Kecamatan Tirtomoyo, di Desa Dlepih masih ada sekitar 1.300 jiwa lebih yang mengungsi. Sementara, jumlah pengungsi di Desa

Sukoharjo ada 238 jiwa, Desa Hargosari (495) dan sekitar 738 jiwa tersebar di pengungsian Desa Sidorejo, Geneng maupun Desa Hargorejo. Selain melanda Tirtomoyo, terang Bupati Wonogiri, ada 12 kecamatan lainnya di kabupaten itu ikut terdampak bencana.(Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI