Presiden Minta Mata Rantai Tengkulak Harus Diputus

SALATIGA, KRJOGJA.com – Keuntungan besar dari sektor pertanian itu adalah pasca panen bukan pada saat menanam dan memanen. Untuk itu petani harus bisa berkonsolidasi  menjadi kelompok besar dan membuat perusahaan serta mendirikan divisi pemasaran untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

"Keuntungan yang besar itu berada  pasca panen. Keuntungan yang besar seharusnya ada di para petani,  justru beralih ke tengkulak. Oleh sebab itu mata rantai di tengkulak yang selama ini masih berjalan harus dipangkas dan dipotong sehingga petani bisa memasarkan produknya sendiri dengan baik ,” tandas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat silaturahmi dengan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thoyibah (SPPQT) di, Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (25/9).

Pada kesempatan ini, presiden juga mengungkapkan bahwa nasib petani ke depan akan lebih baik dan pemerintah mendukung sepenuhnya. Menurut Jokowi, kalau bukan karya petani, kita dan bangsa ini mau makan apa. Semua orang butuh makan dan ke depan uruan pangan akan jadi rebutan di negara manapun. Untuk itu, petani dan Indonesia harus siap untuk mencukupi kebutuhan pangan sendiri dan bahkan ke depan bisa ekspor dengan jumlah besar ke negara lain.

Langkah pascapanen pertanian menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh petani sendiri dengan cara konsolidasi organisasi petani menjadi lebih besar dengan jumlah banyak dan kemudian menjadi perusahaan besar pertanian. Perusahaan pertanian yang dikelola oleh kelompok petani ini menyiapkan penggilingan padi sendiri dan mesin perontok padi. Sebab, tanpa menggunakan mesin tersebut maka petani akan kehilangan 15 persen gabah. 
"Dengan menggunakan mesin perontok padi maka hilangnya hasil produki 15 persen bisa dihindari,” jelas Jokowi dihadapan 1.500 petani tergabung di SPPQT Salatiga.

Presiden menambahkan produksi pertanian pascapanen dikemas dengan baik lalu divisi pemasaran masuk ke supermarket dan pasar sehingga keuntungan bertambah dan masuk ke petani. (Sus)

BERITA REKOMENDASI