Prof Andrik: Dewan Pinisepuh Harus Dilibatkan Dalam Proses Pengambilan Putusan Suksesi Mangkunegaran

Sementara itu Raden Mas Tumenggung (RMT) Momi S Satyotomo  Ketua I HKMN Suryo Sumirat mengatakan tiga pilar agar bisa menjadi landasan bagi raja atau adipati yang jumeneng menjadi Mangkunegoro X.

Tiga pilar yang dimaksud adalah Jumeneng Mangkunegoro sebagai Pengageng Pura. Pemilik kebijakan dan manajemen Puro sebagai Pusat Budaya Jawa.
Kedua, Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN) Suryo Sumirat yang berfungsi untuk mengorganisir dan mempersatukan Kerabat Mangkunegaran. Ketiga adalah Yayasan Suryasumirat sebagai Badan Hukum yang Pembinanya terdiri dari wakil Trah Mangkunegara I sampai dengan IX serta Trah Punggawa Baku MN I

“Kami HKMN Suryo Sumirat menghendaki agar jutaan anggota kerabat Mangkunegaran yang tersebar di Indonesia dan luar negeri bisa guyub dan rukun. Filosofi Pangeran Sambernyowo masih relevan diterapkan di era kekinian. Seperti hanebu sauyun, kerabat agar bersatu seperti tebu sauyun. Juga filosofi Tiji Tibeh. Mukti siji Mukti Kabeh. Kerabat yang sukses agar membantu kerabat yang mungkin kekurangan,” tutur Ketua HKMN. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI