Prof Jamal Terima Anugerah Pembina Olahraga Prestasi

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Prof Dr Jamal Wiwoho, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima penghargaan sebagai Pembina Olahraga Prestasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Penghargaan diberikan Menpora Dr Zainudin Amali, dalam peringatan Hari Olahraga Nasional ke 38, Kamis (09/09/2021).

Menurut Menpora prestasi yang diraih Indonesia dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 tak lepas hasil kontribusi berbagai pihak. Karena itu, Kemenpora menyampaikan penghargaan atas kontribusi yang telah diberikan untuk olahraga nasional.

Selain akan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah berprestasi di berbagai kejuaraan tingkat dunia, pemerintah juga memberikan kepada mereka yang berkontribusi terhadap pembinaan dan pengembangan olahraga di tanah air.

Kemenpora membagi sejumlah kategori ada atlet, wasit, pembina olahraga, dosen olahraga dan wartawan olahraga. Rektor Prof Jamal mendapat penghargaan kategori dosen yang berkontribusi atas prestasi olahraga nasional.

Menpora menilai Prof Jamal berkontribusi terhadap pemberian fasilitas kepada atlet Indonesia yang berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020. “UNS Solo memberikan dukungan sport science kepada para atlet paralimpiade kita,” jelasnya.

Selama persiapan menuju Paralimpiade Tokyo 2020, UNS memberikan dukungan berupa fasilitas lapangan bagi para atlet disabilitas. Hal ini sangat dirasakan kebermanfaatannya para atlet terlebih saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain itu, UNS melalui dosennya juga turut membina para atlet paralimpiade. Enam dosen Fakultas Keolahragaan (FKOR) menjadi pelatih yakniDr Sapta Kunta Purnama MPd (Dekan FKOR) sebagai pelatih sekaligus manajer tim parabadminton Indonesia; Dr. Islahuzaman MOr, Dr Fadhilah Umar MOr, Slamet Widodo MOr dan Purwo Adi MOr. (Qom)

BERITA REKOMENDASI