Program E-Warung Adopsi Prinsip Kemanusiaan

BOYOLALI (KRjogja.com) – Hari Kemanusiaan Se-dunia untuk pertama kalinya diperingati di Indonesia, bersamaan dengan peluncuran Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (e-Warung KUBE PKH) di Boyolali, Jumat (19/08/2016).

Program E-warung sebagai salah satu semangat gotong royong dalam upaya pengentasan kemiskinan dinilai sejalan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Program e-Warong dibentuk sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh bantuan dan subsidi sosial pemerintah pada masyarakat miskin dilakukan secara non-tunai sehingga tepat sasaran dan bisa diawasi. Nantinya, seluruh program bantuan sosial kepada rakyat miskin akan diintegrasikan dalam satu kartu.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, warung yang menjadi saluran distribusi banyuan akan menyalurkan berbagai bahan pangan pokok seperti semisal gula, minyak, dan beras. Ke depan, e-Warung juga kemungkinan akan menyediakan bahan pangan berupa bawang, daging sapi dan daging ayam potong.

"Karena mendapat dukungan pangan dari Bulog langsung ke warung, rantai distribusi akan terpangkas sehingga harganya bisa lebih murah. Program ini mengedepankan gotong royong," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan konsep e-Warung didasarkan dari prinsip revolusi mental, yakni gotong royong, integrits, dan kerja keras. Kebetulan, pada prinsip tersebut sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dideklarasikan pada peringatan Hari Kemanusiaan Se-dunia yang jatuh pada 19 Agustus. (M-9)

BERITA REKOMENDASI