Program Inovasi ‘Telunjuk Sakti’ Dispendukcapil Wonogiri Diapresiasi

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRJogja.com – Janji pemerintah pusat melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri untuk ‘menghadahi’ Dispendukcapil Wonogiri bakal terealisasi. Janji tersebut satu unit Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Kadispendukcapil Wonogiri Drs Sungkono MM, Senin (10/1), menyebutkan pihaknya bakal segera menghadap Bupati Wonogiri Joko Sutopo, mohon petunjuk ADM itu bakal ditempatkan dimana.

Menurut dia, saat kunker ke Wonogiri sekitar Mei 2021 lalu Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh siap mengirim “hadiah” bagi Pemkab Wonogiri atas inovasi ‘Telunjuk Sakti’ yang memudahkan pelayanan untuk masyarakat hingga ke pedesaan dan diharapkan bisa direplikasi di kabupaten/kota lainnya.

“Lokasi penempatan alatnya nanti dimana kami menunggu petunjuk Pak Bupati,” tutur Sungkono kepada wartawan di kantornya.

Fungsi dari ADM mirip dengan anjungan tunai mandiri (ATM). Namun yang dikeluarkan alat tersebut adalah dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat. Sungkono menerangkan dokumen kependudukan yang bisa dicetak alat itu seperti KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen kependudukan lainnya.

“Akta kematian dan akta kelahiran juga bisa,” ujar dia.

Diharapkan, ADM senilai Rp 200 juta itu bakal dipasang tak jauh dari Kantor Disdukcapil. Itu supaya stok blangko KTP elektronik ataupun kertas lain untuk dokumen kependudukan bisa terus dipantau. Selain itu, ADM seyogyanya juga terpasang di area yang mudah dijangkau masyarakat. (Dsh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI