Program Prioritas Pembangunan, OPD Diminta Segera Persiapkan Tahapan Lelang

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk dalam prioritas pembangunan dan program unggulan daerah diminta segera mempersiapkan diri terkait tahapan lelang. Diharapkan hingga akhir Februari atau awal Maret berkas sudah selesai dan segera dilelangkan. Persiapan cepat dilakukan menyesuaikan waktu yang masih banyak sehingga dalam pelaksanaan nanti dapat terselesaikan sesuai kontrak kerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Kamis (17/2) mengatakan, ada cukup banyak OPD yang memiliki prioritas pembangunan dan program unggulan daerah. Salah satunya yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). OPD tersebut memiliki banyak program pembangunan yang harus terlaksana pada tahun 2022.

Pemkab Sukoharjo meminta pada OPD terkait khususnya DPUPR untuk segera mempersiapkan berkas pelaksanaan tahapan lelang. Akhir Februari atau awal Maret nanti diharapkan persiapan tersebut bisa diselesaikan. Dengan demikian maka paling lambat pertengahan Maret tahapan lelang bisa dilaksanakan.

“Tidak hanya DPUPR tapi semua OPD. Sekarang masih banyak waktu untuk persiapan lelang. Selesaikan berkas dan Maret nanti mudah-mudahan tahapan lelang bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Widodo mengatakan, dengan waktu yang masih banyak diharapkan dapat menghasilkan pembangunan maksimal. Sebab pihak rekanan memiliki cukup waktu untuk mengerjakan. Didampingi itu pengerjaan juga dapat diselesaikan sesuai kontrak kerja.

Pemkab Sukoharjo terus memantau perkembangan masing-masing OPD dalam mempersiapkan tahapan lelang. Beberapa kendala yang dihadapi diharapkan dapat diselesaikan secepatnya oleh OPD tersebut. Pemkab Sukoharjo juga ikut membantu memberikan pendampingan pada OPD.

“Ada pembangunan jalan, GOR di Gayam, pengisian kelengkapan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) dan lainnya. Maka dari itu persiapan harus dilakukan sejak awal,” lanjutnya.

Widodo mengatakan, program prioritas daerah sudah dipastikan terpenuhi kebutuhan anggarannya. Pelaksanaannya diserahkan pada OPD terkait.

“Anggaran sudah ada. Jadi OPD terkait harus persiapan dan nantinya proyek bisa diselesaikan sesuai program daerah,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, DPUPR Sukoharjo pada tahun 2022 ini memiliki banyak pekerjaan besar pembangunan. Beberapa diantaranya masuk program prioritas Pemkab Sukoharjo.

DPUPR Sukoharjo terkait program pembangunan tahun 2022 sekarang sedang melakukan persiapan. Salah satunya pemberkasan yang akan digunakan untuk tahapan lelang. Diharapkan tahapan tersebut dapat diselesaikan pada Februari atau Maret mendatang.

“Beberapa proyek mungkin akan kami lelangkan Maret mendatang. Sekarang masih persiapan. Salah satunya pemberkasan,” ujarnya.

DPUPR Sukoharjo memperkirakan dengan tahapan lelang Maret maka masih memiliki banyak waktu untuk pengerjaan pembangunan. Pada pelaksanaan lelang diharapkan dapat terselesaikan satu kali tahapan saja tanpa harus diulang. Dengan demikian maka April atau Mei pembangunan dapat dimulai.

Namun demikian, apabila terpaksa tahapan lelang harus diulang karena ada kendala maka DPUPR Sukoharjo tetap akan melaksanakan. Harapannya para tahapan lelang kedua dapat terselesaikan.

“Artinya tiga atau empat bulan awal tahun 2022 untuk persiapan lelang. Januari hingga Maret atau April. Selanjutnya bisa digunakan pembanguan,” lanjutnya.

Salah satu proyek yang akan dikerjakan DPUPR Sukoharjo pada tahun 2022 yakni pembangunan jalan tembus Sugihan-Paluhombo, Bendosari. Jalur tersebut nantinya akan menghubungkan ke lokasi yang akan dijadikan Jalur Lingkar Timur (JLT).

Total anggaran yang disediakan Pemkab Sukoharjo untuk pembangunan Jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari sekitar Rp 25 miliar. Rencananya tahapan lelang akan dilaksanakan DPUPR Sukoharjo pada awal Maret mendatang.

DPUPR Sukoharjo masih melakukan persiapan pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo Bendosari. Salah satunya yakni berkaitan dengan penyusunan analisa harga satuan. Tahapan setelah itu review harga lelang dan lelang.

“Kami perkirakan akhir Februari setelah tahapan itu dan bisa masuk lelang,” lanjutnya.

Pada tahap lelang nanti DPUPR Sukoharjo berharap proses dapat berjalan sesuai rencana. Artinya lelang sekali bisa selesai dan diketahui pemenang untuk pengerjaan pembangunan. Apabila ada kendala dan terpaksa harus lelang ulang maka akan memakan waktu lebih banyak. Hal ini berdampak pada kesediaan waktu bagi rekanan pemenang lelang nanti untuk menyelesaikan pembangunan.

“Kami persiapan secara matang dulu. Termasuk soal lelang mudah-mudahan lancar dan segera dibangun,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI