Program SDGes Wonogiri Terbaik se lndonesia

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRjogja.com – Menteri Desa PDT Transmigrasi Drs Abdul Hakim Iskandar MPd mengungkapkan 79,8 juta (atau 64 persen) penduduk sudah masuk data SDGes yakni pembangunan desa berkelanjutan. Kabupaten Wonogiri terbaik di Indonesia dalam penanganan program sehingga layak menjadi pilot proyek nasional.

“Atas capaian yang tercepat dan terbaik se lndonesia ini kami sengaja ‘sowan’ Bupati Wonogiri untuk belajar dan akan menerapkan prestasi ini kepada daerah lainnya,” ujar Mendes PDT dan Transmigrasi di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (16/6).

Dalam kunjungan kerja di Wonogiri, Abdul Halim Iskandar menyerahkan tanda penghargaan kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Dalam acara yang baru pertama dilakukan di seluruh Indonesia ini juga dilangsungkan pemandangan kesepakatan bersama antara Kemendes PDT Transmigrasi dengan Kemenkeu dalam hal mengelolaan dan pengawasan Dana Desa khususnya di Kabupaten Wonogiri.

Menggelar jumpa pers usai acara, Kemendes PDT Transmigrasi didampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo kembali mengapresiasi langkah Pemkab Wonogiri yang dimotori bupati yang akrab disapa Jekek ini. Menteri yang juga Ketua DPW PKB Jatim ini mentargetkan pendataan SDGes secara nasional selesai pada Juli atau Agustus mendatang. Pola yang dikembangkan di Wonogiri, kata Abdul Hakim, harus dilaksanakan di daerah lain. “Kalau Wonogiri saja bisa mengapa kabupaten lain tidak bisa?,” ujar dia.

Sementara itu Bupati Wonogiri Joko Sutopo memaparkan kunci keberhasilan program SDGes karena ada kebersamaan antara Pemkab dengan para Kades serta petugas lapangan. “Selain melibatkan pendata tingkat RT, kami juga banyak dibantu Imagiri (lkatan Mahasiswa Wonogiri) yang selalu melakukan pendampingan,” kata Joko.-(Dsh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI