Proses Lelang Kawasan Klewer Timur Gagal Terus

SOLO, KRJOGJA.com – Lelang pekerjaan pembangunan Pasar Klewer Timur justru tak menghasilkan pemenang, karena tidak ada calon rekanan mengajukan penawaran. Rencananya, lelang ulang pekerjaan senilai Rp 48 miliar tersebut akan dilakukan pada akhir Oktober ini, dengan konsekuensi sisa waktu pengerjaan hingga akhir tahun anggaran kian sempit.

"Sampai hari terakhir pendaftaran peserta lelang pada Rabu (4/10), ternyata tidak ada satupun calon rekanan mendaftarkan diri. Karenanya, harus dilakukan lelang ulang hingga 20 hari ke depan, dengan risiko-risiko yang harus dihadapi," ungkap Kepala Dinas Perdagangan (Disdag), Subagyo, Jumat (06/10/2017).

Lelang pekerjaan pembangunan Pasar Klewer Timur, diakui Subagyo, menyisakan persoalan tersendiri, terkait waktu pengerjaan konstruksi hanya sekitar dua bulan. Padahal, volume pekerjaan meliputi konstruksi bangunan dua lantai, ditambah basementyang bisanya memerlukan waktu pengerjaan cukup lama.

Kendati dmikian, dia masih meyakini, pekerjaan tersebut dapat dirampungkan dalam tempo 65 hari, dengan catatan pekerjaan dilakukan selama 24 jam dengan melibatkan pekerja berlipat dari kondisi normal.

"Jika dalam lelang ulang nanti tak juga diperoleh pemenang, terpaksa anggaran yang telah digelontorkan pemerintah pusat dikembalikan ke Kementerian Perdagangan, sebab tidak mungkin dilakukan lelang ulang lagi ke tiga kalinya." (Hut)

BERITA REKOMENDASI