Prototipe Mesin Pengambil Sampah Otomatis SMK Penda 2 Karanganyar Menangkan Lomba Krenova

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Prototipe mesin pengambil sampah otomatis hemat energi buatan tim dari SMK Penda 2 Karanganyar memenangkan lomba kreasi dan inovasi (Krenova) Kabupaten Karanganyar 2021. Selain memudahkan pengambilan sampah di lokasi sulit terjangkau,mesin ini bersumber energi surya.

“Bisa memungut sampah di jalanan beraspal sampai di saluran irigasi. Kapasitasnya 10-20 kilogram sampah bisa terangkut,” kata Arif Harmawan, pemenang juara I Krenova kepada KRJOGJA.com, Rabu (18/8/2021).

Ia bersama rekannya Muhammad Panggih Qomarudin merancang dan membuat mesin itu selama sebulan. Mereka menggunakan komponen gear box untuk memutar rantai, panel surya, sensor dan plat besi yang dirangkai di sarana mirip gerobak dorong. Untuk menggerakkan mesin itu dibutuhkan dua buah aki basah berkapasitas 24 volt. Jika dengan panel surya, akan dihasilkan energi listrik sampai 100 watt. Hanya saja, disarankan memakai energi aki basah untuk menggerakkan mesin di saluran irigasi.

“Sebab mendorong mesin di saluran irigasi lebih berat. Pakai sumber energi aki basah. Namun di darat bisa pakai sel surya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI