Proyek Infrastruktur Jalan Prioritas Lelang

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Puluhan paket lelang pembangunan jalan segera digarap agar cukup waktu penggunaannya sebelum Lebaran, bulan Juni mendatang. Untuk itu hingga pertengahan Maret, tiga proyek jalan bernilai miliaran rupiah tengah dilelangkan. 

"Total ada 35 paket sudah diproses lelang. Tiga diantaranya cukup besar nilainya. Yakni pembangunan jalan Colomadu-Banyuanyar Rp 9,1 miliar, jalan Grompol-Jambangan Rp 5,2 miliar dan Tasikmadu-Dagen Rp 3,2 miliar," kata Sekretaris Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Pemkab Karanganyar, Heru Edi Arfianto kepada KR, Selasa (20/3). 

Tiga ruas jalan itu merupakan penghubung antarkota dan kabupaten serta bakal ramai lalu lintas ramai mudik dan balik Lebaran. Ia mengapresiasi keseriusan dinas teknis yang bersegera merampungkan persyaratan pelelangan. Antara lain permohonan lelang di tanda tangani pejabat pembuat komitmen (PPK), spesifikasi, kalau bangunan konstruksi harus ada gambar, dan lain-lain. Heru menuturkan pengajuan paket proyek pembangunan pada tahun ini relatif cepat apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ia menyadari organisasi perangkat daerah (OPD) didesak mempercepat permohonan lelang agar pekerjaan tidak menumpuk di belakang. 

Jelang penawaran ke calon rekanan, tiga proyek jalan itu tengah diproses bertahap. Jalan Colomadu-Banyuanyar sudah mencapai pembuktian kualifikasi, paket jalan Grompol-Jambangan dan Tasikmadu-Dagen sudah memasuki masa sanggah. Heru mengingatkan perlunya calon rekanan memasukkan persyaratan kemitraan secara komplit dan benar. 

"Rata-rata gagal karena administrasi, kadang soal teknis. Ini kan by system jadi ya kalau salah satu gagal ya langsung gugur," jelas dia.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa DPU kembali mengajukan sepuluh paket proyek pembangunan infrastruktur pada pekan ini. Nilai proyek tertinggi Rp 5 miliar untuk pembangunan jalan Colomadu-Kalipati paling rendah Rp 500 juta untuk pembangunan jalan di depan PG Colomadu atau lebih sering disebut Jalan Sumur Bor. Seluruh pengajuan pelelangan itu bersumber dana APBD 2018 murni. 

Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Rahardjo mengatakan pentingnya layanan publik oleh pemerintah, terutama infrastruktur jalan. Ia berulangkali menyinggung jalan berlubang di simpang empat Colomadu. "DPU bagus, langsung respons begitu saya singgung jalan berlubang. Terus langsung ditambal. Semoga semua juga demikian," katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI