Proyek Taman Kota Salatiga Habiskan Rp 500 Juta

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA (KRjogja.com) – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Salatiga melakukan terobosan untuk membangun taman-taman kota dengan menggunakan tanah milik daerah yang prosedurnya lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan tanah milik pribadi (warga). Tahun anggaran 2017 perubahan ini, LH mengalokasi Rp 500 juta untuk proyek taman.

“Lebih gampang  menggunakan tanah milik daerah, sehingga taman kota mudah dibangun tanpa kendala. Kalau menentukan titik taman kota, lalu  menempati lingkungan pribadi warga akan lebih rumit negosiasi dan prosedurnya. Kami saat ini cenderung melakukan terobosan dengan menempati tanah daerah saja,” jelas Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Salatiga, Prasetyo Ichtiarto kepada Krjogja.com, Senin (17/07/2017).

Ia menambahkan untuk anggaran APBD 2017 perubahan ini, mengalokasi dana Rp 500 juta untuk tiga titik taman kota yang baru dan ditempatkan di daerah pinggiran Kota Salatiga. Sedangkan taman  kota yang sifatnya kecil, dibangun di lingkungan Dinas Pendidikan dan lingkungan Kantor Rumah Tahanan Negara Salatiga.

Target pembuatan taman kota di Salatiga harus mencapai 30 persen dari seluruh luas wilayah Salatiga, 57,6 kilometer persegi. Sampai sekaran, tahun 2017 ini menurut Prasetyo Ichtiarto tercapai kurang lebih 16,5 persen. “Paling tidak ke depan ruang hijau Kota Salatiga 18,5 kilometer persegi. Sehingga bertambah nyaman,” katanya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI