PSIM Takluk Di Laga Perdana Liga 2, Ada Masalah di Lini Tengah

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRJOGJA.com – PSIM dipaksa menyerah atas PSCS di laga perdana Liga 2 2021 grup 3, Minggu (26/9/2021) malam. Sebiji gol pemain PSCS, Gideon Macrell Huwae tak mampu dibalas hingga 90 menit laga usai.

PSIM tertinggal menit 41 setelah gelandang PSCS Gideon Marcell Huwae mencetak gol apik. Sepakan mendatar dari luar kotak penalti tak mampu dibendung kiper PSIM, Junaidi.

PSIM kesulitan menembus pertahanan PSCS di sepanjang babak pertama. Skuad PSCS begitu rapat bertahan di setengah lapangan dan cepat melancarkan serangan balik ketika berhasil merebut bola.

Lini tengah PSIM yang dihuni Hendika Arga Permana, Ilham Irhas dan Akbar Tanjung tampak kesulitan memainkan bola dari kaki ke kaki. Tanpa opsi di tengah, bek-bek PSIM yakni Jodi Kustiawan dan Sunni Hisbullah kerap melakukan direct long pass ke lini depan yang berakhir buntu karena Imam Witoyo berhadapan dengan tembok Rahmat Latif atau M Arifin.

PSIM berusaha bermain terbuka di satu sisi, di mana dua wing back yakni Aditya Putra Dewa dan Taufik Hidayat kerap naik membantu penyerangan yang berdampak pada pertahanan tim ketika Cilacap melakukan counter attack. Nyaris tak ada peluang bagi Laskar Mataram di babak pertama.

Di babak kedua, pelatih Seto Nurdiyantoro mencoba mengubah keadaan dengan memasukkan Yudha Alkanza dan Ahmad Baasith menggantikan Ilham Irhaz dan Akbar Tanjung. PSIM tampaknya berupaya menguasai lini tengah yang tak berjalan baik di paruh pertama.

Respon positif terasa, 10 menit umpan-umpan kedepan di antara lawan mulai terjadi. Menit 56 Yudha Alkanza nyaris mencetak gol jika lengkungan kaki kirinya sedikit lebih ke bawah.

Yudha membuat lini tengah PSIM lebih hidup, dengan umpan-umpan pendek satu dua mulai terlihat. Baasith sedikit lebih tenang di tengah, menjaga kedalaman namun juga masih kerap mengirim umpan direct menuju sayap-sayap cepat PSIM.

PSCS tampak goyah di paruh kedua, pertahanan yang dibangun tak sekompak babak pertama. Tercatat beberapa peluang tercipta dari Imam Witoyo dan Firman Septian yang sayang digagalkan penampilan apik kiper Cilacap, Ali Budi Raharjo.

90 menit plus lima pertandingan berakhir, tidak ada tambahan gol tercipta. PSIM pun terpaksa mengakui keunggulan PSCS dengan skor akhir 0-1.

BERITA REKOMENDASI