PT PP Pertahankan Atap PG Colomadu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku penanggung jawab megaproyek revitalisasi eks PG Colomadu menggunakan kembali material asli bangunan lama sebagai salah satu ikonnya. Hal itu sesuai masukan dari konsultan bisnis, perencana konstruksi dan pakar cagar budaya.

"Sekarang sedang mengerjakan convention hall dan museum cagar budaya di pabrik. Sambil jalan pembongkaran bangunan lama, akan disortir material penting. Salah satunya atap. Karena itu ciri khas yang tidak boleh diganti. Memilah mana yang layak dan tidak layak," kata Kontraktor dari PT PP (Persero) Agus Dwi di lokasi proyek, Selasa (06/06/2017).

Saat ini, kata Agus seluruh material atap sudah diturunkan untuk disortir. lantaran banyak yang sudah lapuk termakan usia. Namun bagian yang masih bisa dipakai akan diperkuat. Langkah itu sesuai rekomendasi konsultan perencana konstruksi dan pakar cagar budaya dari instansi berwenang.  "Seluruhnya dikombinasi rancangan bisnis yang tengah digarap perusahaan milik BUMN tersebut. Sifatnya desain and built. Progresnya menunggu perencanaan berkesinambungan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, revitalisasi eks PG Colomadu selesai akhir 2017. Untuk pengembangan tahap pertama akan dibangun convention hall berkapasitas 3 ribu orang. Biaya investasinya mencapai Rp 75 miliar. Selain convention hall di bangunan utama pabrik, dibangun pula kios untuk pedagang suvenir dan kuliner sebagai pendukung. (R-10)

BERITA REKOMENDASI