Puasa, TNI Tetap ‘Gas’ Bronjongisasi

SRAGEN (KRjogja.com) – Puluhan anggota TNI Kodim 0725/Sragen tetap giat mengikuti kerjabakti meski sedang berpuasa. Salah satunya melakukan kegiatan bronjongisasi di sepanjang bantaran Sungai Mungkung, Dukuh Karangmanis, Desa Pondok, Kecamatan Sidoharjo, Sragen,Rabu (21/06/2017).

Bronjongisasi sebagai upaya penanganan darurat bencana serta mempertahankan ketahanan pangan ini digelar bekerjsama dengan BalaiBesar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mencegah banjir di anak sungai yang bermuara ke Bengawan Solo tersebut.

Danramil Sidoharjo Kapten Inf Suparno mengatakan, upaya bronjongisasi bantaran sungai dilakukan dengan memasang kawat berisi batu berbentuk talud panjang. "Kegiatan ini dijadwalkan selesai selama dua pekan ke depan. Tapi mendekati Lebaran, kegiatan sementara dihentikan karena anggota harus tugas jaga arus mudik," ujarnya.

Kadus Karangmanis, Slamet mengaku senang atas upaya yang dilakukan anggota TNI ini. Kalau sudah terpasang, diharapkan rumah warga tidak lagi tergenang banjir saat musim hujan. "Bisa dikatakan daerah sini langganan banjir setiap tahun. Kalau bronjong sudah terpasang, banjir mestinya tidak mampir lagi," tuturnya.
(Sam)

BERITA REKOMENDASI