PUI Javanologi UNS Pilih 10 Nominasi Perangkingan Jawametrik, 3 dari Jogja

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRjogja.com – Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuat perangkingan Jawametrik. Sebuah sistem perankingan di dunia yang didasarkan pada budaya Jawa. Hampir semua benua ditemukan lembaga atau universitas sebagai pengembang dan penangkar budaya Jawa
.
Untuk kali pertama UNS Jawametrik berhasil memilih 10 nominasi, tiga diantaranya dari Yogyakarta yakni Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Seni Indonesia (ISI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “Dari 10 penangkar budaya Jawa itu nanti akan dipilih tiga, sebagai pemenang UNS Jawametrik 2021 ” jelas Ketua PUI Javanologi Prof Sahid Teguh Widodo PhD di Pendhopo Javanologi kamous Kentingan Solo, Selasa (23/3).

Lembaga yang berpotensi dalam UNS Jawametrik hingga awal tahun 2021 berasal dari Benua Amerika (38 institusi), Benua Asia (47 institusi), Benua Eropa (13 institusi), dan Benua Australia dan Oceania (6 institusi). Berdasarkan keaktifan dan kontribusi partisipan, terdapat 27 Perguruan Tinggi Internasional yang memenuhi kategori.

Selanjutnya 27 institusi disaring lagi berdasarkan data keaktifan dan kontribusinya pada pengembangan budaya Jawa terpilih top 10 Nominee UNS Jawametrik 2021 berdasarkan last update on system, 20 Maret 2021. Selain tiga yang dari Yogyakarta yaitu Universitas Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Indonesia, Leiden University, Australian National University, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya. Menurut Prof Sahid, dari 10 nominasi akan dipilih 3 Pemenang berdasarkan 11 kriteria yang telah ditentukan, dan akan diumumkan secara terbuka pada 20 Mei 2021.

Sementara rektor Prof Dr Jamal Wiwoho berharap UNS Jawametrik dapat menghubungkan dan mengembangkan jejaring universitas seluruh dunia. (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI