Puluhan Ribu Calon Jamaah dari Solo Terancam Gagal Umroh

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Puluhan ribu calon jamaah umrah di Solo terancam gagal berangkat ke Tanah Suci, menyusul terbitnya kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda visa umroh. Angka ini muncul dalam perhitungan penundaan visa hanya berlaku dalam satu bulan.

Kendati bersifat force majeur, kebijakan di atas membuat travel agen merugi mencapai Rp 2 miliar. Hal itu disampaikan Ketua Persaudaraan Pengusaha Umroh dan Haji (Perpuhi), Her Suprabu, Kamis (27/02/2020). Belum lagi kerugian yang akan dirasakan maskapai pesawat dan hotel akomodasi.

Her berharap Kementerian Agama melakukan negosiasi dengan pemerintah Arab Saudi agar kebijakan di atas tidak diberlakukan terhadap semua negara. Karena Indonesia, selama ini belum berpotensi penyebaran virus korona yang melatarbelakangi terbitnya penghentian visa.

Tidak terbitnya visa pasti berdampak terhadap semua biro umroh dan jamaah umroh. Proyeksi kerugiannya sistemik, baik biro maupun jamaah. Dari data Angkasa Pura tahun lalu, ada lebih dari 94 ribu jamaah umroh dalam kurun waktu sembilan bulan. Berarti tiap bulan 10 ribu jamaah berangkat.

Menurut Her, saat ini sistem visa online sudah tidak beroperasi. Praktis semua pengajuan visa tidak diproses. (Qom)

BERITA TERKAIT